26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

Jokowi Tetap Unggul dalam Debat Capres Ketiga

Hasil debat putaran ketiga dengan tema politik internasional dan ketahanan nasional, menunjukan bahwa Jokowi berhasil menguasai medan, atau dapat menang secara meyakinkan. Jokowi berhasil menepis semua anggapan bahwa dirinya lemah, atau dipandang sebagai pihak yang tidak menguasai masalah politik internasional dan masalah ketahanan nasional. Bahkan Jokowi dapat memberikan pencerahan, terutama dengan memunculkan suatu konsepsi poros maritime dunia.

Bagi Jokowi Indonesia harus tetap berpegang pada politik luar negeri bebas aktif. Dengan orientasi politik ini, kita berharap agar Indonesia dapat memberikan respon yang tepat, baik ke dalam maupun ke luar. Yakni menghadirkan kekuasaan negara, yang dapat: (1) memberikan perlindungan kepada seluruh warga negara, termasuk mereka yang menjadi pekerja di luar (TKI); (2) melindungi seluruh kekayaan nasional kita, baik yang ada di darat maupun yang ada di laut, di atas permukaan maupun di bawah permukaan bumi; (3) meningkatkan produktivitas dan daya saing produk nasional; dan (4) membangun stabilitas dan ambil bagian dalam membangun ketertiban dunia. Jokowi menekankan pentingnya diplomasi non-militer, dan ingin agar Indonesia menjadi sahabat dunia. Setiap gesekan kepentingan, akan selalu diselesaikan dengan diplomasi non-militer, dan menggunakan seluruh kekuatan nasional.

Dalam kerangka membangun ketahanan nasional, Jokowi menekankan pula bahwa kita sangat penting memperkuat ekonomi nasional, agar dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan juga untuk memperkuat basis pertahahan nasional kita, termasuk untuk memodernisasi alutsista, meningkatkan kesejahteraan prajurit dan membangun industry pertahanan.

Di atas itu semua, Jokowi dengan sangat jelas dan sangat tegas mengatakan bahwa inti dari pertahanan adalah kemampuan kita untuk mempertahankan dengan segala daya apa yang menjadi kepentingan nasional kita. Jokowi mengatakan bahwa dirinya akan melakukan semua tindakan yang dibutuhkan untuk mempertahankan apa yang menjadi kepentingan nasional, termasuk membela batas wilayah kita yang diklaim sepihak oleh negara lain. Segi-segi inilah yang memperlihatkan komitmen Jokowi untuk membela kepentingan bangsa, dan pada sisi yang lain bertekad untuk membangun keamanan bersama dalam suatu kawasan.

Demikian.

Dadang Juliantara
Presidium Seknas Jokowi

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.