27.3 C
Jakarta
4 December 2021
spot_img

Latest Posts

Demokrasi dan Pemberdayaan Rakyat

Jokowi-merdeka.com

Jokowi menyadari sepenuhnya bahwa keadaan negeri sangat mengkhawatirkan, terutama jika dilihat dengan kacamata proklamasi kemerdekaan. Oleh sebab itulah, dalam debat kedua, Jokowi sesungguhnya hendak mengingatkan dua hal pokok, yakni: Pertama, bahwa kekuasaan negara hendaknya dijalankan sesuai dengan maksud pendiriannya. Yang secara demikian, kekuasaan negara harus memperjelas watak nasional dan watak sosialnya.

Kedua, bahwa bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darahnya adalah kekuatan sejarah, yang mampu memakmurkan dan membawa kita kepada masa depan yang gemilang. Maka tidak ada pilihan lain, kecuali bangsa Indonesia dikembalikan kepada karakter aslinya, dan karenya revolusi mental menjadi sangat penting, agar bangsa Indonesia menemukan kembali jalan kemandiriannya.

Misi sejarah tersebut, tentu saja tidak bisa dipikul sendiri oleh Jokowi-Jk, untuk itulah sejak awal, sejak dalam niat dan pikiran, serta tindakan-tindakan kongkrit, Jokowi telah memperlihatkan bahwa demokrasi dan juga perbaikan ekonomi bangsa, tidak mungkin dilakukan jika tidak dimulai dari pemberdayaan rakyat. Itulah sebab mengapa Jokowi harus blusukan. Metode ini tidak lain dari suatu cara: (i) memahami secara benar masalah-masalah rakyat, dan sekaligus menangkap inti sari pokok harapan rakyat; dan (ii) mengajak rakyat terlibat, dan menjadikan perjuangan untuk perubahan bangsa sebagai agenda rakyat. Ketika rakyat sepenuhnya terjun ke dalam kancah perjuangan, Jokowi-Jk sangat yakin bahwa sejarah Indonesia akan bergerak.

Kepada seluruh kekuatan pendukungnya, Jokowi-Jk menitipkan pesan agar gotong royong benar-benar dapat dibangkitkan dan digerakkan menjadi kekuatan yang nyata. Jokowi-Jk menegaskan bahwa tanpa gerakan rakyat, tidak mungkin cita-cita mulia mengubah keadaan dapat diwujudkan. Inilah gerakan gotong royong dalam makna yang sebenarnya, seperti yang diajarkan oleh Bung Karno: “Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-binantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Holopis kuntul baris buat kepentingan bersama. Itulah gotong royong.”

Jakarta, 17 Juni 2014
Presidum Seknas Jokowi
Ttd

Dadang Julilantara

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.