25.9 C
Jakarta
18 January 2022
spot_img

Latest Posts

Transmigrasi Prioritaskan Daerah Perbatasan & Sektor Maritim

JAKARTA – Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDT),Marwan Ja’far, menjelaskan pihaknya memproritaskan daerah perbatasan menjadi lokasi transmigrasi.

“Kalau tanah dalam konteks kementerian saya adalah untuk membantu transmigrasi. Untuk permukiman transmigasi dan sekaligus pemerataan sektor demografi kita. Di Kalimantan Utaran, Kalimantan Barat, terutama di daerah perbatasan yang itu menjadi titik fokus kita,” ungkap Marwan di Kompleks Istana, Negara, Jakarta, Senin (16/3/2015).

Politisi PKB itu mengatakan, dana yang disipakan untuk program transmigrasi sekira Rp1,4 triliun. “Tapi kita akan menggandeng pihak swasta. Dan itu akan memperkuat sektor transmigrasi kita yang selama ini ditanangani negara. Kalau dengan swasta itu, nanti ada secara komprehensif dibangunkan rumah sakit, sekolahan, ibu-ibunya dikasih pekerjaan dan lain sebagaianya,” terangnya.

Dengan begitu, masalah transmigarasi bukan semata perpindahan penduduk dari Jawa ke luar Jawa. Tetapi juga ada nilai lebih yang diberikan oleh negara kepada transmigran.

“Transmigrasi berbasis skill orang-orang yang mempunyai kompetensi tertentu, yang harus kita transmigrasikan, misalnya transmigrasi nelayan. Di Natuna misalnya, transmigrasi nelayan itulah menjadi salah satu titik fokus kita karena Indonesia sekarang ini negara poros maritim,” imbuhnya.

Selain transmigrasi ke daerah perbatasan, Marwan mengatakan, poros maritim juga menjadi fokus bagi Indonesia. “Tidak ada maksud apapun kecuali meningkatkan akselerasi di sektor kemaritiman dengan orang yang bisa diandalkan,” sambungnya.

Dikatakannya, para transmigran tidak diberikan modal tambahan ketika berpindah ke luar Pulau Jawa. “Tapi feed back-nya, kita akan membangun perkebunan sendiri di perbatasan. Feedback-nya TKI (tenaga kerja Indonesia) kita bisa ditarik pulang dengan adanya pembangunan transmigrasi itu,” tandasnya.

http://news.okezone.com/read/2015/03/16/337/1119351/transmigrasi-prioritaskan-daerah-perbatasan-sektor-maritim

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.