25.9 C
Jakarta
20 January 2022
spot_img

Latest Posts

Tol Sumatera, Menteri BUMN: Hutama Karya Diutamakan

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno kembali menegaskan, akan mengutamakan PT Hutama Karya dalam pembangunan Tol Trans Sumatera. Saat ini, pembangunan jalur tol itu melibatkan empat perusahaan pelat merah yaitu, PT Jasa Marga Tbk, PT Waskita Karya Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, dan PT Hutama Karya.

“Dari empat BUMN yang ditugaskan, Hutama Karya yang diutamakan. Hutama Karya adalah salah satu BUMN karya yang 100 persen sahamnya dimiliki pemerintah,” kata Rini usai menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/3).

Rini menghadap Presiden Jokowi untuk melaporkan berbagai perkembangan terkait pembangunan jalur tol sepanjang 2.048 km, yang membentang dari Provinsi Lampung hingga Provinsi Sumatera Utara.

Dia mengaku, pemerintah juga menugaskan kepada Hutama Karya untuk menjalin kerja sama sinergis dengan kalangan kontraktor sehingga dapat memenuhi target operasi pembangunan jalan tol, pada tahun 2018 mendatang.

“Ini dilakukan mengingat jaraknya cukup jauh, yaitu hampir 400 km. Supaya rampung lebih cepat, pembangunannya dibagi per seksi, umpamanya Waskita Karya Seksi I, Wijaya Karya Seksi II,” katanya.

Tol trans Sumatera akan diintegrasikan dengan pembangunan pelabuhan penyeberangan di Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung), di mana di setiap pelabuhan akan ditambah masing-masing empat dermaga. Kebijakan itu ditempuh untuk mengatasi arus penyeberangan kendaraan bermotor yang setiap harinya mencapai 8.000 hingga 12.000 unit.

Ruas jalan Tol Trans Sumatera yang mencakup 24 ruas tol dibagi atas tiga lintasan, yaitu lintas utama, lintas penghubung, dan non lintas Sumatera. Jalur lintas utama terdiri atas 17 pembangunan dengan total 2.048 kilometer dan estimasi biaya Rp 119,376 triliun. Untuk 770 kilometer jalur lintas penghubung, terbagi atas tujuh pembangunan dengan total estimasi biaya Rp 41,780 triliun. Sementara jalur non-lintas Sumatera terbentang 25 kilometer dari Batu Ampar, Muka Kuning, hingga Bandara Nadim.

http://www.beritasatu.com/ekonomi/257490-tol-sumatera-menteri-bumn-hutama-karya-diutamakan.html

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.