26.1 C
Jakarta
4 December 2021
spot_img

Latest Posts

Sumbangan bagi Jokowi-JK Capai Rp 61 Miliar

TEMPO.CO, Jakarta – Sumbangan gotong-royong untuk pasangan calon presiden-wakil presiden, Joko Widodo-Jusuf Kalla, mencapai angka Rp 61 miliar. Rilis yang disampaikan di posko Media Center Pemenangan Jokowi-JK, Jalan Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, menyatakan data sumbangan tersebut diambil Rabu, 25 Juni 2014, pukul 10.00 WIB.

Dalam siaran pers tersebut dikatakan sumbangan gotong-royong yang masuk berjumlah total Rp 61.390.025.928,00. Jumlah ini adalah akumulasi dari tiga rekening yang dibuka khusus untuk sumbangan masyarakat dengan tujuan pemenangan Jokowi-JK.

Tercatat, jumlah penyumbang perorangan mencapai 50.524 orang. Total sumbangan yang dikumpulkan dari penyumbang perorangan berjumlah Rp 29 miliar. Sementara, penyumbang dari perusahaan, sebanyak sembilan perusahaan dengan nilai sebesar Rp 32 miliar.

Sumbangan ini diklaim tidak menyalahi aturan Komisi Pemilihan Umum. Pasalnya setiap donasi telah dilengkapi dengan nama, alamat, nomor telepon, dan nomor identitas penyumbang. Nilai sumbangan juga diklaim tidak melebihi batas ketentuan KPU.

Sesuai dengan UU Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Pasal 96, penyumbang perorangan dilarang melebihi Rp 1 miliar. Sementara, sumbangan perusahaan dilarang melebihi Rp 5 miliar.

Beberapa waktu lalu, juru bicara tim pemenangan nasional Jokowi-JK, Eva Kusuma Sundari, mengatakan rekening gotong-royong sarat dengan pesan moral. Ia mengatakan dengan masyarakat berpartisipasi secara tidak langsung melalui “urunan” yang diharapkan kelak ketika terpilih, Jokowi-JK tidak melupakan masyarakat yang ikut membantu memenangkan mereka.

Dengan demikian, kata dia, pasangan Jokowi-JK memiliki beban moral untuk melaksanakan visi dan misi sebaik mungkin dan tidak melupakan janji saat kampanye.

http://pemilu.tempo.co/read/news/2014/06/25/269588030/Sumbangan-Bagi-Jokowi-JK-Capai-Rp-61-Miliar

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.