26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

Seknas Jokowi Serukan Tim Prabowo-Hatta Legowo Terima Putusan MK

Jakarta – Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi menyerukan‎ kepada semua pihak untuk menerima hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan legowo. MK sendiri memutuskan menolak gugatan sengketa pilpres yang diajukan Tim Prabowo-Hatta.

“Kita mengucapkan terima kasih ke MK, putusannya sesuai dengan Demokrasi dan konstitusi, sesuai dengan harapan mayoritas masyarakat Indonesia. Kita menyerukan kepada semua pihak, bahwa pemilu sudah selesai, hasilnya harus kita terima dengan legowo, mari kita mulai babak baru dengan presiden terpilih pilihan rakyat,” kata Presidium Seknas Jokowi, Muhammad Yamin saat menggelar jumpa pers di Jalan Brawijaya Nomor 35, Jakarta Selatan, Jumat (22/8/2014).

Yamin mengatakan, tidak ada alasan lagi untuk mengganjal pelantikan Jokowi lewat pansus di DPR. Menurutnya, pembentukan Pansus di DPR sama saja dengan melawan konstitusi.

“Saya kira teman-teman di DPR sadar, kalau mereka membuat pansus terhadap presiden yang terpilih, maka itu sama saja melawan konstitusi. Presiden harus dilantik 20 Oktober‎, kalau ada yang menghambatnya, maka itu melanggar konstitusi dan makar,” ujarnya.

Sementara itu, Deddy Mawardi dari Seknas Advokat mengatakan, putusan MK tersebut sesuai dengan kajian-kajian yang telah dilakukan pihaknya. Untuk itu, lanjutnya, maka tidak ada alasan lagi bagi Tim Prabowo-Hatta untuk mempermasalahkan hasil pilpres yang telah ditetapkan KPU.

“Kita memang sudah prediksikan, putusan itu sama dengan kajian-kajian advokat Seknas. Itu putusan final dan mengikat. Yang penting bagi kami, pertimbangan hukum, banyak sekali pertimbangan hukum, kita mendengar ada akan ke PTUN. Jadi saya mau tegaskan bahwa dengan putusan MK yang sama-sama kita ketahui, maka tidak ada lagi bagi tim hukum nomor satu untuk mempermasalahkan hasil pilpres,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Sebab, Deddy mengatakan, Keputusan MK tidak bisa dijadikan bukti untuk gugatan baru, baik di PTUN maupun Mahkamah Agung (MA).

“Itu yang penting sama-sama harus kita ketahui agar masyarakat tidak terkecoh lagi oleh manuver hukum tim Prabowo-Hatta. Dengan keputusan MK ini, maka tindakan hukum berhenti, dan tindakan politik dengan menggagas pansus, kalau dilakukan, sama saja itu ilegal, karena MK adalah mahkamah tertinggi,” katanya.‎ (Idham Khalid – detikNews)
http://news.detik.com/pemilu2014/read/2014/08/22/155150/2670058/1562/seknas-jokowi-serukan-tim-prabowo-hatta-legowo-terima-putusan-mk

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.