25 C
Jakarta
19 January 2022
spot_img

Latest Posts

Relawan Minta Jokowi Tak Dihakimi Soal Pencalonan Budi Gunawan

JAKARTA – Barisan Relawan Jokowi Presiden (BaraJP) bersama Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi menyatakan sikap mendukung Presiden Jokowi agar mengambil langkah yang bijak terkait pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan. Saat ini Jokowi dinilai tengah menghadapi posisi yang dilematis.

“Kita harus realistis, situasi kita memang demikian parah. Meski sudah ada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tidak serta-merta menghilangkan korupsi. Jika kita berkesimpulan membutuhkan KPK, itu artinya mengakui birokrasi kita belum bersih, maka tidak fair kalau lantas menghakimi Jokowi,” kata Ketua Umum BaraJP, Sihol Manulang melalui siaran pers, Jumat (16/1).

Sementara itu Ketua Presidium Seknas, Muhammad Yamin, menambahkan bahwa Jokowi hanya melaksanakan hak prerogatifnya untuk memilih salah satu dari sejumlah nama yang disodorkan Kompolnas, yang kemudian meminta persetujuan DPR.

“Kami hanya mendukung dan membentengi Jokowi agar mengambil putusan terbaik, bukan soal mendukung siapa yang menjadi Kapolri. Opsi melantik Budi Gunawan, lantas kemudian diberhentikan, atau tidak dilantik, merupakan opsi yang tentu sudah dipikirkan Jokowi,” kata Yamin.

Sebelumnya Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai, meminta agar Jokowi bersikap menghormati kedua institusi yakni KPK yang telah menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka, dan DPR yang telah menyetujui pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri

“Sikap presiden ini penting untuk menjaga marwah baik institusi kepresidenan, lembaga legislatif maupun juga KPK sebagai lembaga penegak hukum,” kata Natalius.

Menurut Natalius, meskipun Komnasham tidak dilibatkan dalam proses pencalonan Budi Gunawan, namun Kalemdikpol itu secara konkrit telah bersinergi dengan Komnas Ham.

“Komjen Budi Gunawan belum pernah dilaporkan oleh masyarakat dan belum pernah tercatat sebagai pejabat kepolisian yang diperiksa oleh Komnas Ham RI,” pungkas Natalius.

http://skalanews.com/berita/detail/206344/

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.