27.4 C
Jakarta
16 January 2022
spot_img

Latest Posts

Pemerintah Terus Dorong IPP Bangun Pembangkit Listrik

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan terus mendorong perusahaan listrik swasta atau independent power producer (IPP) di dalam pembangunan proyek pembangkit listrik di Indonesia. Hal ini sejalan dengan pernyataan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) yang menginginkan agar kedepannya PT PLN (Persero) hanya menjadi service company.

“Pak JK tentu punya visi yang luas untuk sektor listrik. Apakah akan dinetralisir, ini yang kita ingin. Wacana terakhir itu swasta didukung,” ujar Menteri ESDM, Sudirman Said di kantornya, Senin (16/3).

Berangkat dari hal tersebut, Sudirman pun tak menampik jika kehadiran konsep ini seakan membuka peluang IPP untuk memiliki porsi yang lebih besar di dalam proyek pembangkit. Akan tetapi, Ia meyakini bahwa ide untuk memberikan porsi yang besar kepada IPP akan memberi dampak yang positif bagi ketersediaan listrik di Indonesia.

“Itu implementasi natural monopoly. Tapi ini bukan ide yang jelek. Saya kira situasi kelistrikan juga akan baik,” tutur Sudirman.

Berdasarkan target Kementerian ESDM, untuk memenuhi kebutuhan listrik yang terus tumbuh Pemerintah sedang mengupayakan penambahan kapasitas listrik sebesar 7 ribu MW (megawatt) per tahun, atau mencapai 35 ribu MW dalam 5 tahun.

Dari angka 35 ribu MW tadi, IPP akan mengerjakan pembangkit dengan total kapasitas 25 ribu MW, sementara 10 ribu MW sisanya diberikan ke PLN.

Upaya ini sendiri dilakukan demi membantu PLN didalam meningkatkan rasio elektrifikasi nasional yang pada akhir tahun lalu baru mencapai 84,35 persen. Dari ketersediaan pasokan listrik terpasang pada 2014 di angka 53.585 MW, sekitar 37.280 MW atau 70 persen diantaranya disumbang oleh pembangkit  milik PLN.

Sementara IPP mengambil porsi mencapai 10.995 MW atau berkisar 20 persen,  Public Private Utility  (PPU) sebanyak 2.634 MW atau 5 persen, dan Izin Operasi Non BBM (IO) sebesar 2.677 MW atau sekitar 5 persen.

Sebelumnya, manajemen PLN mendukung rencana pemerintah yang akan memprioritaskan IPP di dalam pembangunan pembangkit listrik. Akan tetapi, Senior Humas PLN, Bambang Dwijanto berharap pemerintah lebih seksama didalam memilih IPP dan mengkaji secara matang konsepservice company.

“Saya (hanya) ok dengan pernyataan Pak JK yang kemarin sempat bilang, bila perlu PLN hanya membangun 5 ribu MW (dari program 35 ribu MW). Bukan ok kalau PLN diubah dari penyedia listrik hanya menjadi perusahaan jasa penyedian jaringan ,” tuturnya.

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150317051455-85-39594/pemerintah-terus-dorong-ipp-bangun-pembangkit-listrik/

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.