24.1 C
Jakarta
20 January 2022
spot_img

Latest Posts

Pemerintah Siap Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan

JAKARTA –  Pemerintah serius dalam mengantisipasi kebakaran hutan di sejumlah daerah. Salah satu keseriusannya, pemerintah kini fokus dalam pembenahan sistem pengelolaan kawasan hutan produksi tanpa adanya praktek pengelolaan akses bebas (open acces).

Kawasan hutan yang open access berpotensi meningkatkan tindak pembalakan liar yang menjadi salah satu pemicu utama terjadinya kebakaran hutan.

“Perlu adanya patroli, dan hindari praktik open access oleh swasta pemegang izin pengelolaan hutan,” ungkap Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dalam keterangan tertulisnya Rabu (11/2/2015).

Siti juga menyampaikan sejumlah arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dituangkan dalam sebuah Rencana Aksi. “Penekanan utama dari arahan Presiden Joko Widodo adalah melakukan tindakan tegas  terhadap  pelaku pembakaran hutan,” tegas Siti.

Setiap kali ada titik api, tindakan pemadaman harus dilakukan secara cepat. Untuk itu, Siti mengatakan harus ada niat dan kemauan kuat untuk menangani persoalan pembakaran hutan tersebut secara bersama-sama.

“Masyarakat dan swasta harus aktif menginfokan kepada aparat bila ada titik api,” ungkap Siti.

Dia juga menekankan pemantauan terhadap sejumlah titik api harus dilakukan secara ketat. Targetnya, kata Siti, jumlah titik api di 2015 harus lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. “Titik api tahun ini harus lebih rendah dari 2014,” tandas Siti.

Mantan Sekjen DPD RI itu juga menyampaikan pentingnya membuat sekat kanal agar gambut tetap dalam kondisi basah.  Hal ini dilakukan untuk memperkuat langkah pencegahan dalam kebakaran hutan. “Utamakan tindak pencegahan,” ungkap Siti.

Tidak hanya itu, selain penindakan, adanya pemberian penghargaan bagi siapa pun yang berkontribusi dalam upaya mengurangi kebakaran hutan juga perlu menjadi perhatian. Untuk antisipasi kebarakan hutan, Siti menuturkan juga diperlukan keterlibatan masyarakat serta upaya pendampingannya.

“Dan yang penting juga keserasian kerja unsur-unsur di lapangan, seperti Polres, Pol PP, Polsus Manggala Agni dan Brigade Perkebunan,” sebutnya.

http://news.metrotvnews.com/read/2015/02/11/356978/pemerintah-siap-tindak-tegas-pelaku-pembakaran-hutan

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.