25 C
Jakarta
19 January 2022
spot_img

Latest Posts

Menteri Susi ingin tenggelamkan kapal pencuri ikan Rp 70 miliar

JAKARTA – Akhir tahun lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan kapal tremper atau penampung ikan bernama MV HAI FA ketika merapat di Pelabuhan Wanam, Kabupaten Merauke. Kapal berukuran 4.306 GT tersebut diduga berlayar tanpa dilengkapi dengan SLO (Surat Layak Operasi).

Hingga saat ini, nasib kapal yang disebut-sebut sebagai tangkapan terbesar sepanjang sejarah, belum jelas kelanjutannya. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menuturkan, pihaknya menginginkan agar kapal itu bernasib sama seperti kapal asing lain yang kedapatan mencuri ikan di perairan Indonesia.

“Kapal Panama belum (ada keputusan). Saya sih ingin kapal ikannya saja yang ditenggelamin,” tegas Menteri Susi di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/1).

Sementara untuk anak buah kapal yang terdiri dari 23 orang ABK berkewarganegaraan China, belum diputuskan nasibnya.

Kapal tersebut membawa muatan ikan beku sebanyak 900 ton yang terdiri dari 800 ton ikan dan 100 ton udang milik PT Avona Mina Lestari. Kapal ini sudah 7 kali melakukan pengangkutan. Kalau 1 tramper itu angkut 10.000 ton per tahun, berarti HAI FA ini sudah mencuri Rp 70 miliar.

Saat melintas di wilayah perairan Indonesia, kapal tersebut tidak mengaktifkan transmitter sistem (Vessel Monitoring System/VMS). Kapal MV HAI FA tersebut kedapatan 3 kali gonta-ganti bendera. Pada 2004 berbendera China, 2006 berbendera Panama dan terakhir berbendera Indonesia.

http://www.merdeka.com/uang/menteri-susi-ingin-tenggelamkan-kapal-pencuri-ikan-rp-70-miliar.html

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.