25.9 C
Jakarta
20 January 2022
spot_img

Latest Posts

Menteri Siti Sebut Banyak Perusahaan Tambang Tak Miliki NPWP

JAKARTA – Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar mengaku seram usai mengetahui data mengenai angka eksplorasi tambang di Indonesia yang memasuki kawasan hutan lindung dan juga hutan koservasi.

“Kalau lihat angka ini seram loh, ada eksplorasi tambang di kawasan hutan ‎seluas 25,98 juta hektar,” kata Siti di Jakarta, Minggu (22/3/2015).

Siti menuturkan, dari total 25,98 juta hektar tersebut, sekitar 19,64 juta hektar kedapatan eksplorasi yang dilakukan di hutan produksi, dan sisa berada pada hutan koservasi. Anehnya, para penambang juga telah mengantongi izin dari pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat.

Menurut Siti, ada 10.648 izin penambang di Indonesia, di mana yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) sebanyak 7.519 perusahaan. Namun, dari total tersebut 16 persen IUP tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

“Ini harus jadi perhatian kita, kok bisa nggak punya NPWP. PPATK juga sedang meneliti Wajib Pajak yang seperti itu, karena ini harus diperbaiki,”‎ tambahnya.

Oleh karena itu, Siti mengungkapkan, pihak Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup tengah membenahi tata kelola izin tersebut. Sebab, jika izin terus diberikan maka yang menjadi korban adalah hutan.

“Bupati dan Gubernur main hajar saja berikan izin penambangan, padahal semakin banyak hutan dipakai maka semakin banyak emisi yang ditimbulkan,” tutupnya.

http://economy.okezone.com/read/2015/03/22/19/1122562/menteri-siti-sebut-banyak-perusahaan-tambang-tak-miliki-npwp

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.