24.1 C
Jakarta
20 January 2022
spot_img

Latest Posts

Menteri LHK Pimpin Rapat Koordinasi Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Jambi – 10/02/2015

JAKARTA – Pushumas Kemenhut, Jambi : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memimpin rapat koordinasi Pemerintah Pusat dan jajaran Pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota serta dunia usaha dalam kesiapsiagaan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, Selasa (10/2) di Provinsi Jambi.

Dalam rapat dijelaskan Rencana Aksi jajaran Pemda Provinsi Jambi. Menteri LHK menekankan arahan Presiden RI Joko Widodo: (1) Lakukan tindakan tegas terhadap pelaku pembakaran; (2) Setiap ada api segera dipadamkan, jangan tunggu besar; (3) Harus ada niat dan kemauan kuat untuk menangani bersama-sama; (4) Masyarakat dan swasta untuk menginformasikan kepada aparat bila ada api; (5) Lakukan pemantauan hotspot dimana jumlah hotspot tahun 2015 harus lebih rendah dari tahun 2014; (6) Membuat sekat kanal agar gambut tetap basah; (7) Utamakan tindakan pencegahan; (8) Terapkan sistem reward and punishment.

Dalam rakor juga berkembang beberapa penekanan yakni: pentingnya mengenali ekosistem gambut dan tata kelolanya, perlunya patroli, hindari open access oleh swasta pemegang izin serta perlunya audit kinerja swasta. Berkembang pula penekanan untuk perlunya kepedulian dan keterlibatan masyarakat serta upaya pendampingannya, dan juga unsur-unsur di lapangan seperti Polres, Pol PP, Polsus/Sporc Manggala Agni dan brigade perkebunan. Diatas semua itu Menteri berpesan pentingnya memelihara semangat dan langkah-langkah kerja bahu membahu, gotong royong dengan kepemimpinan Gubernur dan Bupati/Walikota.

http://ppid.dephut.go.id/berita_foto/browse/254

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.