25.9 C
Jakarta
19 January 2022
spot_img

Latest Posts

Menteri LHK dan Kepala BNPB Koordinasi Kesiapan Penanganan Bencana Asap – 18/01/2015

JAKARTA – Pushumas Kemenhut, Cibinong : Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadakan koordinasi untuk kesiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan pada Rapat Kerja Eselon I sampai dengan IV jajaran BNPB , Sabtu (17/1) di Pusdiklat BNPB Cibinong.
Menurut Menteri LHK , beberapa jenis bencana yang terkait dengan Kementerian LHK secara umum adalah bencana ekologis yang meliputi kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, banjir, longsor, angin puting beliung, erupsi, defomasi kerak bumi atau gempa dan pencemaran sampah dan limbah.
Dimaklumi bersama penyebab utama bencana yang bersumber dari bencana alam akibat cuaca, perubahan iklim dan kondisi lahan serta akibat ulah manusia. Disepakati juga tentang perlunya penguatan jaringan dan kolaborasi multipihak, penguatan kapasitas kelembagaan (Pusat dan Daerah) serta pendekatan untuk perubahan perilaku.
Menteri LHK menegaskan bahwa peran-peran yang dapat dilakukan oleh Kementerian LHK pada tiap tahapan penanganan bencana tersebut diantaranya meliputi : pada tahapan mitigasi berupa peran regulasi seperti PP gambut, pengaturan pola tanam heterogen dan mozaik land cover, serta langkah-langkah untuk emisi gas rumah kaca, karbon dioksida dan hidro kloro floro karbon.
http://ppid.dephut.go.id/berita_foto/browse/249

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.