25.9 C
Jakarta
20 January 2022
spot_img

Latest Posts

Mendagri Dukung Seknas Jokowi Kawal Nawacita

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo mengapresiasi acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diselenggaran oleh Seknas Jokowi, 29 hingga 31 Januari 2015. Konsolidasi organisasi dan pemantapan program kerja Seknas Jokowi dianggap penting dilakukan untuk mengawal program-program pemerintahan Presiden Jokowi ke depan dan mewujudkan Nawacita.
“Saya mengapresiasi Rakernas ini, Seknas Jokowi itu relawan yang memang konsisten memposisikan sebagai relawan, itu yang diinginkan Pak Jokowi, yakni agar masyarakat yang sudah mengorganisir diri sebagai relawan pendukungnya jangan berhenti, tetap mengkritisi setiap kebijakan pemerintah, mengingatkan akan Nawacita, yang tidak sesuai dengan harapan rakyat, harus diluruskan dan dikritik. Kalau para menteri jalannya menceng ya harus diingatkan,” tandas Tjahjo Kumolo saat menjadi keynote speaker dalam acara Seminar dan Rakernas Seknas Jokowi yang bertajuk “Mengawal Nawacita” di Gedung B Badan Diklat Kementrian Dalam Negeri Jl Taman Makam Pahlawan No. 8 Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (30/1/2015).
Mendagri Tjahjo Kumolo mempersilakan Seknas Jokowi untuk melembagakan organisasi secara resmi secara struktural dari tingkat pusat hingga ke kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Baginya, itu adalah hak warga negara untuk berserikat dan berkumpul yang dilindungi oleh undang-undang.
“Silakan kalau mau bentuknya ormas atau apa, yang penting legal, kami sebagai Menteri Dalam Negeri akan mendukung setiap upaya warga negara dan kelompok masyarakat yang ingin berorganisasi dan berekspresi secara resmi, yang diakui oleh pemerintah,” tambahnya.
Bagi Seknas Jokowi, konsolidasi dan menyusun program kerja adalah kebutuhan organisasi. Karena tantangan pemerintahan dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla semakin besar. Melemahnya sendi-sendi perekonomian nasional, tingkat kemiskinan yang masih tinggi, fasilitas kesehatan yang masih kurang, merosotnya kewibawaan negara terutama institusi penegak hukum, pelemahan kelembagaan KPK, dan sebagainya adalah merupakan tantangan masa depan kita.
“Disinilah kami menganggap penting mendukung pemerintahan Jokowi agar program kerja Nawacita bisa diwujudkan selama 5 tahun ke depan. Seknas Jokowi memandang perlu untuk menyiapkan langkah-langkah strategis dan program kerja dengan maksud apa yang menjadi tantangan dan kewajiban negara untuk dapat dipikul bersama-sama agar kemiskinan struktural dapat dikurangi, keadilan sosial bisa diwujudkan, hukum dapat ditegak-kan, dan kesejahteraan dapat ditingkatkan,” katanya.
Mewujudkan Indonesia berdaulat, berdikari dan berkepribadian, adalah kewajiban segenap bangsa yang didalamnya terkandung partisipasi masyarakat sebagai pijakan dasar perubahan. Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa dan Seknas Jokowi harus turut serta mengawal dan mengawasi program-program pemerintah sebagai bagian
integral dalam upaya menghadirkan negara diantara persoalan masyarakat.
“Dengan cara itulah, kita bisa membantu Jokowi mewujudkan Nawa Cita. Untuk itulah Seknas Jokowi menggelar Rakernas sebagai bentuk keseriusan kami dalam membantu Presiden Jokowi dalam merealisasikan program-program kerjanya yang pro rakyat, mewujudkan Nawacita. Kami merasa perlu untuk mengkonsolidasikan dan menata organisasi supaya bisa mengawal Nawa Cita dan bersama Presiden Jokowi mewujudkannya demi kesejahteraan rakyat Indonesia,” tandas Ormas Tanjung, Ketua Panitia Rakernas dalam sambutannya di pembukaan Rakernas.
Rakernas Seknas Jokowi diikuti oleh sekitar 200 relawan dari seluruh Indonesia yang terdiri dari para pengurus struktural dari tingkat pusat, hingga provinsi dan kabupaten/kota, serta perwakilan organisasi sektoral, seperti Seknas Perempuan, Seknas Advokat, Seknas Tani dan komunitas lainnya.
Tujuan dari Rakernas ini adalah sebagai ajang silaturahmi dan sharing informasi antar komponen Seknas Jokowi dan antara Seknas dengan Kementerian yang terkait, sekaligus menghasilkan program-program kerja dalam satu tahun ke depan. Selain itu, akan menghasilkan keputusan strategis tentang organisasi dan metode program kerja untuk mengawal Nawacita.

http://www.tjahjokumolo.com/2015/01/mendagri-dukung-seknas-jokowi-kawal-nawacita/

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.