26.1 C
Jakarta
4 December 2021
spot_img

Latest Posts

Jokowi ungkap kunci menang pilpres

Yogyakarta- Meski kemenangannya dalam pilpres 9 Juli lalu sudah diprediksi namun Jokowi sendiri mengaku tidak menyangka kalau di detik-detik akhir elektabilitasnya yang terus merosot bisa membuatnya menang. Berdasarkan perenungannya, ada empat hal yang disebut Jokowi membuat elektabilitasnya kembali naik di detik-detik akhir jelang pemilihan.

“Pertama relawan, mereka itu semuanya door to door di menit-menit akhir. Sebelumnya santai aja karena elektabilitas tinggi, begitu menurun, di detik akhir sadar dan mulai kerja,” kata Jokowi saat menghadiri pembukaan simposium menuju jalan kemandirian yang digagas Seknas Jokowi di Hotel Royal Ambarukmo, Senin (18/08) petang.

Kedua, karena Jokowi disebut sinting ketika mengeluarkan ide hari santri. “Dibilang sinting, pengaruh malah besar, saya dapat 3 juta suara dari Jokowi sinting, lumayan dapat 3 juta. Saya usul hari santri, ada komentar sinting jadi nambah suara,” lanjutnya.

Hal ketika yang memenangkannya di detik akhir adalah konser salam dua jari yang di gelar di GBK. “Konser salam dua jari itu mempengaruhi kelas menengah atas. Ratusan ribu yang datang, muncul di koran, online, twitter di mana-mana,” tambahnya.

Satu lagi yang membuatnya menang adalah debat capres terakhir. Dari empat kali debat, tiga debat pertama Jokowi dinilai tidak terlihat pintar. Namun saat pada debat ke-empat Jokowi mendapat pujian dari banyak orang.

“Orang bilang saya nggak kelihatan pinter waktu debat pertama sampai ketiga, terakhir dibilang kelihatan pinter. Cuma kelihatan, tapi ya menang. Mungkin juga karena kesalahan sebelah gocek bola. Soal Kalpataru, koperasi, jadi gol ke gawang sendiri,” sindirnya.

Jokowi pun berterima kasih kepada semua pihak yang sudah berjuang bersama dalam pilpres lalu. “Terima kasih buat semua relawan, juga buat yang bilang saya sinting,” ujarnya.[Kresna/bal]
http://www.merdeka.com/politik/relawan-hingga-fahri-hamzah-jokowi-ungkap-kunci-menang-pilpres.html

 

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.