26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

Jokowi.id Sudah Diamankan, Prabowo?

Jakarta – Hiruk-pikuk Pemilihan Presiden pun memberi dampak terhadap nama-nama domain yang terkait kedua calon presiden RI.

Terkait pilpres kemarin, untuk nama domain apapun.id hanya Jokowi yang mendaftarkan nama domain jokowi.id. Nama domain ini didaftarkan oleh Seknas Jokowi pada periode Sunrise.

“Jokowi memberikan hak pada Seknas untuk mendaftarkan ‘jokowi’ sebagai merek di Ditjen Haki Kumham,” kata Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bidang Sosialiasi dan Komunikasi Sigit Widodo kepada detikINET, Senin (18/8/2014).

Dengan surat pendaftaran merek ini, mereka mendaftarkan nama domain jokowi.id pada periode Sunrise yang memang boleh diikuti oleh pemegang nama merek atau yang sudah mendaftarkan mereknya ke Ditjen Haki Kumham.

“Selain Jokowi.id ada juga domain jokowi.co.id yang didaftarkan oleh salah satu kelompok relawan,” lanjut Sigit.

Di sisi lain, pasangan Prabowo-Hatta tak terlalu agresif untuk mengamankan nama domain .id yang terkait nama pribadinya.

“Prabowo-Hatta cukup efektif menggunakan web dengan domain partaigerindra.or.id. Tapi tidak ada nama domain .id khusus yang didaftarkan pasangan ini. Berbeda dengan pasangan Jokowi-JK yang khusus mengambil domain jokowi.id,” pungkas Sigit.

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sebelumnya telah menggelar tiga tahapan prioritas pendaftaran domain tingkat tinggi (DTT) .id atau yang populer dengan sebutan apapun.id sebelum dirilis ke publik secara umum pada 17 Agustus 2014.

Periode pertama (sunrise) dilakukan pada 20 Februari–17 April 2014, periode kedua (grandfather) dilakukan pada 21 April–13 Juni 2014, dan periode ketiga (landrush) sebagai periode prioritas terakhir dilakukan pada 16 Juni–15 Agustus 2014.(ash/yud) Ardhi Suryadhi – detikinet
http://inet.detik.com/read/2014/08/18/155108/2665421/398/jokowiid-sudah-diamankan-prabowo?991104topnews

 

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.