26 C
Jakarta
5 December 2021
spot_img

Latest Posts

Jokowi: Hampir 300 Grup Relawan Menawarkan Diri, Tapi Nggak Ada yang Ngotot

Jakarta – Presiden terpilih Joko Widodo menyebut tidak hanya relawan bawaan Boni Hargens saja yang menawarkan diri bergabung dengan Tim Transisi. Ada 300 grup relawan lainnya yang punya keinginan serupa.

“Banyak yang menawarkan diri. Jumlahnya hampir 300-an grup tapi nggak ada yang ngotot,” kata Jokowi pada wartawan di sela-sela blusukannya di Jalan DKI Panjaitan, Jakarta Timur, Selasa (26/8/2014).

Jokowi siap menerima masukan dari siapa saja, tidak terikat parpol atau relawan. Grup relawan itu ada yang menyampaikan usulan nama itu melalui lisan atau daftar nama. “Mereka ada yang nyerahin ke saya bisa, ke deputi-deputi (Tim Transisi) juga bisa,” ujarnya.

Para relawan itu, menurutnya, hanya boleh menyodorkan 4 nama untuk setiap pokja dalam Tim Transisi. Nama-nama yang ditempatkan pun haruslah orang yang memiliki keahlian di bidang pokja yang dipilihnya. “Ya harus profesional dong,” ujarnya.

Relawan Minta Dilibatkan
Aksi Boni Hargens yang mendatangi kantor Transisi untuk meminta kejelasan posisi 88 relawan dikritisi sejumlah pihak. Pasalnya, Boni meminta bertemu dengan Deputi Tim Transisi di luar dari jadwal yang ditentukan.

Boni Hargens dan relawan itu oleh Tim Transisi dijadwalkan akan menghadiri rapat besar pada Rabu (27/8) esok. Namun, pada Selasa kemarin mereka datang dengan alasan meminta kejelasan posisi para relawan itu dalam Tim Transisi.

Politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari meminta Tim Transisi merespons keluhan sejumlah relawan yang dipimpin Boni Hargens. Eva menilai kedatangan Boni Hargens cs tidak bermaksud menekan Tim Transisi.

“Saya tahu dedikasi dan komitmen Boni ke Jokowi-JK, jadi saya kira niatnya baik. Aksi menggeruduk kemarin merupakan ekspresi peduli karena tuntutannya bukan material,” kata Eva, Selasa (26/8/2014).

Kedatangan Boni menurut Eva ingin meminta kantor Transisi mengikutsertakan para relawan dalam persiapan program Jokowi-JK. “Ini motif yang bisa dipertanggungjwbkan sebagai pendukung. Sense ownership dari para relawan yang tinggi harus dikelola agar produktif,” bela dia.

Karena itu Eva meminta Tim Transisi yang dipimpin Rini Marliani Soemarno merespons keinginan relawan. “Saya harap Transisi merespons secara positif,” ujarnya

Presiden terpilih Jokowi memastikan para relawan dapat terlibat dalam pokja tim Transisi, namun jumlahnya dibatasi.

Dalam tim transisi, ada 22 pokja yang bekerja di bawah koordinasi 4 orang Deputi. Pokja itu membahas isu strategis mulai dari APBN hingga arsitektur kabinet.

“Ya memang boleh. Nyodorin 4 nama tapi ya memang tidak bisa semuanya masuk,” kata Jokowi terpisah.
(Sumber: Detik.com, 26 Agustus 2014)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.