25.6 C
Jakarta
17 January 2022
spot_img

Latest Posts

Jokowi Ditantang Bentuk Tim Pemeriksa Kekayaan Presiden

Jakarta – Jokowi menunjukkan komitmennya terhadap pemberantasan korupsi dengan menjawab tantangan agar melaporkan harta kekayaan setiap 6 bulan. Jokowi ditantang memberikan teladan kepada para menteri dan pejabat lain dengan membentuk tim pemeriksa kekayaan presiden.

“Ide dasarnya adalah bahwa ingin menimbulkan kepercayaan publik dalam level yang sangat tinggi bahwa presiden dan wakil presiden itu bersih. Sekarang di awal periode kita bisa yakin Jokowi seperti apa ke depan,” kata eks komisioner KPK, Chandra M Hamzah, saat berbincang dengan detikcom, Senin (11/8/2014).

Dengan membuat tim pemantau kekayaan presiden yang kredibel dan objektif, Jokowi menunjukkan komitmennya terhadap pemberantasan korupsi. Menegaskan kepada rakyat bahwa dia adalah presiden yang bersih dari korupsi.

“Nah, dengan keyakinan bahwa mereka bersih maka presiden dan wakil presiden punya keberanian moral untuk menindak aparatnya yang tidak bersih. Atau presiden dan wakil presiden punya keberanian moral untuk memerintahkan bawahannya agar kekayaan mereka diperiksa,” kata Chandra.

Tim yang dibentuk bisa berisikan tokoh-tokoh yang kredibel. Tim bisa dibentuk ad hoc atau permanen sekalian.

“Usulannya dibentuk tim ad hoc atau permanen yang mungkin terdiri dari ex-officio PPATK, KPK, BPK, dari perpajakan, untuk memantau secara periodik dan terus menerus aset kekayaan presiden dan wakil presiden. Jadi tidak boleh ada yang lolos sehingga dapat dijamin bahwa presiden dan wakil presiden itu kekayaannya itu dari kekayaan sah yang halal,” kata Chandra.

Jika Jokowi berani men-declare semua asetnya pada saat dilantik menjadi presiden dan membiarkan tim khusus memantau kekayaannya, maka Jokowi sedang membuat tradisi baru anti korupsi.

“Ya dibentuk semacam wali amanatlah. Wali amanat pemeriksa kekayaan presiden. Tugasnya untuk memantau kekayaan presiden dan wakil presiden, dia punya kuasa untuk membuka rekening, pajak, transaksi keuangan. Jadi kalau presiden beli mobil baru ya terpantau tim ini dari mana asal uangnya,” pungkasnya.

Berdasar laporan terbaru ke KPK, kekayaan Jokowi berjumlah Rp 29.892.946.012 dan USD 27.633. Sedang JK Rp 465.610.495.057 dan USD 1.058.564. (Elvan Dany Sutrisno – detikNews)

http://news.detik.com/pemilu2014/read/2014/08/11/163242/2658951/1562/jokowi-ditantang-bentuk-tim-pemeriksa-kekayaan-presiden

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.