27.3 C
Jakarta
4 December 2021
spot_img

Latest Posts

Ini Rencana Kerja Kantor Transisi Jokowi-JK Sebulan ke Depan

Jakarta – Kantor Transisi mulai makin sibuk beraktivitas. Rencana kegiatan kerja sudah disusun, mulai dari mendengarkan pemaparan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla hingga menyerahkan draft arsitektur kabinet pada 15 September 2014.

Deputi Kantor Transisi Andi Widjajanto menerangkan hal ini di markasnya, Jl Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/8/2014). Andi menyatakan ada 13 Kelompok Kerja (Pokja) ditambah tiga unit yang akan menyusun usulan rencana pemerintahan ke depan.

“Ada 13 Pokja, dan ada tiga unit. Tiga unit itu adalah unit APBN di bawah Hasto Kristiyanto (Deputi Kantor Transisi), unit Revolusi Mental yang ada saya di dalamnya, kemudian ada unit Komunikasi Politik di bawah Hasto juga,” kata Andi.

Anggota Pokja terdiri dari bermacam-macam latar belakang. Mereka yang mengisi Pokja adalah akademisi, praktisi, dan juga politisi. Satu Pokja berisi sekitar lima orang. Pokja-pokja ini akan bekerja tanpa banyak sorotan publik.

“Pokja akan keluar kalau pekerjaannya sudah selesai dan nantinya akan disampaikan hasilnya ke publik,” tutur Andi.

Rencananya, Kantor Transisi yang berisi Pokja-pokja itu akan berkoordinasi juga dengan Jusuf Kalla (JK) untuk meminta saran. JK bisa mengusulkan nama-nama mumpuni untuk ikut bekerja menyiapkan transisi kepemimpinan di Indonesia.

“Kami akan bergerak ke Pak JK. Kami akan berikan nama-nama ke Pak JK, apakah ada usulan nama-nama pengisi transisi dari Pak JK,” kata Andi.
Lantas, mereka akan menemui Jokowi JK pada kesempatan selanjutnya. Berikut adalah tahapan rencana kerjanya:

17 Agustus 2014
Pokja-pokja mendengarkan arahan strategis secara khusus dari Jokowi-JK.

28 Agustus 2014
Kantor Transisi menghasilkan draf identifikasi masalah pemerintahan dan kabinet. Identifikasi masalah tersebut dipetakan dan disodorkan solusi-solusinya secara kelembagaan. “Identifikasi akar masalah pemerintahan sekarang, termasuk lembaga kepresidenan dan kabinet,” kata Andi.

Lantas mereka menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan melibatkan ahli-ahli universitas dan lembaga penelitian. Kantor Transisi berikut Pokja-pokja itu akan mencoba mencari formula jitu arsitektur kabinet.

15 September 2014
Draft arsitektur kabinet diserahkan ke Jokowi.

“Memasuki bulan September (sebelum tanggal 15), Pokjanya harus mengutak-atik anggaran yang dibutuhkan apabila ada perampingan, peleburan kabinet, dan kementerian baru. Jadi konsekuensi-konsekuensi anggaranya itu dihitung,” tutur Andi.

Setelah itu, masing-masing Pokja akan bersinergi mengkoordinasikan kerja masing-masing. (Nadia Nur Isfiana – detikNews)
http://news.detik.com/pemilu2014/read/2014/08/14/155941/2662234/1562/2/ini-rencana-kerja-kantor-transisi-jokowi-jk-sebulan-ke-depan

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.