26 C
Jakarta
5 December 2021
spot_img

Latest Posts

Ini Gaya Jokowi di Jumpa Pers Pertama Bersama SBY

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggelar pertemuan dengan Presiden Terpilih Joko Widodo atau Jokowi. Ini merupakan pertemuan pertama pasca putusan MK terkait sengketa Pilpres 2014. Keduanya bertemu dan membahas mengenai program dan keberlangsungan pemerintahan ke depan. Bagaimana suasana ketika Jokowi untuk pertama kalinya menggelar jumpa pers bersama SBY, ini penampakannya.

Melalui jepretan dua orang fotografer kepresidenan, Abror Rizki dan Dudi Anung Anindito, suasana akrab keduanya terekam sesaat sebelum pertemuan tertutup digelar dan saat keduanya bersama berada di atas mimbar dalam memberikan pernyataan kepada wartawan, di The Laguna Hotel, Nusa Dua, Bali, Rabu (27/8/2014).

Kehangatan ditunjukan SBY saat menyambut kedatangan Jokowi bersama Mensesneg Sudi Silalahi. SBY seperti tidak ragu menempelkan tangan kirinya ke punggung putra kelahiran Solo 53 tahun lalu itu, seolah mempersilakan Jokowi memasuki ruangan.

Spontanitas seperti ini mengingatkan kita ketika Jokowi dan Gita Wirjawan mengangkat gong dan memindahkannya ke posisi yang pas, saat gong itu hendak dipukul Presiden SBY. Aksi Jokowi dan Gita ini membuat Presiden SBY tertawa kecil. Para hadirin tentu tak ketinggalan tertawa melihat aksi keduanya.

Kehangatan dalam pertemuan pertama ini juga ditunjukan melalui bidikan fotografer Abror. Yaitu ketika keduanya berada di kursi pertemuan. Terlihat senyum lebar Jokowi saat keduanya duduk satu meja. Pertemuan selanjutnya dilakukan tertutup.

Usai pertemuan yang berlangsung 2 jam, dari pukul 21.00 WITA hingga 23.00 WITA, keduanya berjalan menuju mimbar pidato kepresidenan. Melewati ratusan wartawan yang setia menanti keduanya untuk menyiarkan hasil pertemuan itu, keduanya yang menggenakan batik lengan panjang melempar senyum hangat dan menyapa kepada awak media.

Di mimbar pidato, Presiden SBY memberikan pernyataan terlebih dulu. Dalam penyampaiannya, SBY mengapresiasi langkah Jokowi dalam membangun tim transisi dari pemerintahan lama ke pemerintahan baru. SBY juga menyampaikan bahwa pertemuan pertemuan merupakan perwujudan dari apa yang sebelumnya pernah disinggung, yaitu niat dan tekad untuk membantu Presiden Terpilih Jokowi dalam mempersiapkan pemerintahan mendatang.

‎”Saya memberikan dukungan penuh, karena makin siap beliau maka akan makin baik. Insya Allah akan makin berhasil dalam menjalankan tugasnya,” kata SBY.

Sementara Jokowi dengan mantap menyampaikan hasil pertemuan dirinya dengan SBY, bahwa dirinya meminta pandangan SBY terutama soal APBN 2015.

“Saya meminta banyak sekali pandangan dari Presiden SBY terutama berkaitan dengan APBN 2015,” kata Jokowi.

Baik SBY maupun Jokowi menyatakan, pertemuan tidak membahas teknis per teknis mengenai apa yang akan dihadapi. Karena persoalan itu akan dibahas dalam pertemuan tindaklanjut tim transisi dan jajaran pemerintahan SBY. (Nur Khafifah – detikNews)

http://news.detik.com/read/2014/08/28/023330/2674624/10/ini-gaya-jokowi-di-jumpa-pers-pertama-bersama-sby

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.