26.9 C
Jakarta
4 December 2021
spot_img

Latest Posts

Gaya Santai Jokowi Jelang Putusan MK

Jakarta – Bukan Joko Widodo namanya bila tidak terlihat santai dalam berbagai kesempatan. Bahkan, menjelang moment penting, yakni sidang putusan MK soal gugatan sengketa Pilpres 2014, Jokowi masih begitu santai.

Kamis (21/8/2014) pukul 14.00 WIB, MK akan membacakan putusan yang akan menentukan nasib Jokowi sebagai presiden terpilih. Meski kubu Prabowo terlihat sangat serius menyikapi hal ini, Jokowi tetap pada sikapnya, santai.

Berikut empat gaya santai Jokowi jelang putusan MK :

1. Pilih Urus Waduk dan Rusun
Selama 14 hari menyidangkan sengketa Pilpres, beberapa kejadian terjadi di ruang sidang MK. Mulai dari ketegangan para saksi dan keterangan beberapa saksi yang mengundang tawa.

Keterangan beberapa saksi kubu Prabowo terus mengungkapkan indikasi kecurangan selama Pilpres berlangsung. Namun, Jokowi tak mau menanggapi soal dinamika yang terjadi di MK. Dia memilih menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta, salah satunya mengurus waduk dan Rusun.

“Kemarin kita ngurusin waduk sama rusun. Gimana mau ngurusin sidang MK? Heheh,” kata Jokowi usai rapat di Kantor Transisi Jokowi-JK, Jalan Situbondo, Jakarta Selatan, Sabtu (9/8/2014).

Setelah proses pemilihan presiden selesai, Jokowi memang kembali ke rutinitas awalnya sebagai gubernur Jakarta. Ia menjalankan tugasnya sebagai gubernur dengan rapat dan blusukan meninjau perkembangan pembangunan di Jakarta pasca ditinggalkannya saat non aktif.

2. Tak Terlihat Tegang
Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan hasil sidang gugatan pelaksanaan Pilpres 2014 pada 21 Agustus. Joko Widodo selaku presiden terpilih mengaku santai menghadapi hasil keputusan MK nanti.

“Wajah saya gimana? Apa kelihatan deg-degan?,” kata Jokowi, usai menghadiri acara penghargaan Soegeng Sarjadi School Government 2014 di Hotel Four Season, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (19/8/2014)

Dia menganggap apa yang akan diketuk MK nantinya adalah sebagai sesuatu hal yang biasa dalam proses penyelesaian sengketa. “Ya, biasa saja lah,” ujar Jokowi.

3. Siap dengan Semua Putusan MK
Beberapa jam menjelang pembacaan putusan MK soal gugatan sengketa Pilpres, Joko Widodo masih terlihat santai. Meski begitu, Jokowi mengaku siap dan akan menghormati semua putusan MK.

“Ya kita menghormati MK, kita menghargai MK,” kata Jokowi di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (20/8/2014).

Jokowi belum mau berkomentar banyak jika putusan MK nanti mengabulkan gugatan Prabowo-Hatta. Namun, dia mempersilakan jika nanti kubu Prabowo-Hatta menggugat putusan MK ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN).

“Ya nggak apa-apa toh,” katanya.

4. Tak Ada Arahan Khusus ke Tim Transisi
Tak ada persiapan khusus menyambut putusan MK atas gugatan Prabowo-Hatta di tubuh Tim Transisi. Jokowi juga tak memberikan instruksi khusus kepada Tim Transisi menjelang putusan MK yang sangat menentukan.

“Nggak ada tuh, dari Pak Jokowi-nya seharian ini normal-normal saja, nggak ada yang bicarakan soal MK. Tidak ada instruksi khusus soal persiapan sidang MK,” kata Deputi Kantor Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto, kepada wartawan di Kantor Transisi, Jl Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/8/2014).

Putusan MK memang sangat krusial. Jika MK memutuskan kemenangan Jokowi-JK, maka akan ada komunikasi lebih jauh dengan Presiden SBY.

“Baru besok, besok kalau sudah ada putusan MK, maka Pak Jokowi akan berinteraksi dengan SBY. Lalu meminta kesediaan Pak SBY utk memulai interaksi antara kementrian-kementerian dengan kantor transisi,” katanya. (Ikhwanul Khabibi – detikNews)

http://news.detik.com/pemilu2014/read/2014/08/21/071408/2668131/1562/0/4-gaya-santai-jokowi-jelang-putusan-mk

 

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.