24.1 C
Jakarta
20 January 2022
spot_img

Latest Posts

Gas RI Banyak Diekspor, Ini Rencana ESDM

JAKARTA – Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) menargetkan, 64% dari total produksi gas Indonesia dialokasikan untuk domestik. Ini mengingat tingginya kebutuhan, untuk bahan bakar pembangkit listrik. Gas Indonesia banyak diekspor.

“Sekarang memang baru 47%. Tapi sampai 2019, gas ini orientasi untuk dalam negeri harus mencapai 64%,” ungkap Teguh Pamuji, Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam seminar energi di Hotel JW Luwansa, Kamis (12/3/2015)

Target ini diawali dengan pembangunan infrastruktur yang mendukung distribusi gas di dalam negeri. Misalnya, untuk menyalurkan gas dari Lapangan Tangguh, Blok Bintuni, Papua ke wilayah Sulawesi atau Jawa.

“Tak mungkin jika tak ada infrastruktur untuk distribusi gas di dalam negeri,” sebutnya.

Infrastrukturnya antara lain adalah, Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) dan pipa transmisi gas. Rencananya, pembangunan akan dilakukan pada beberapa titik strategis di dalam negeri.

“Maka dibangun FSRU, pipa transmisi gas dan lainnya,” tegas Teguh.

Di samping itu, juga tengah diusulkan konsep regulasi untuk tata kelola gas bumi. Termasuk juga unit khusus di bawah pemerintah yang khusus dalam penanganan gas.

“Kita sedang mengusulkan konsep regulasi untuk tata kelola gas bumi. Jadi ada unit untuk membahas sekaligus mengelola perencanaan gas,” tukasnya.

Teguh menambahkan, dengan pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW), target elektrifikasi bisa mencapai 96,61% sampai 2019. Tentunya akan sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Elektrifikasi ditargetkan sampai 2019 sebesar 96,61%,” kata Teguh.

Di tempat yang sama, Deputi Bidang Sumber Daya Alam Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Endah Murniningtyas menyayangkan Indonesia mengekspor 47% produksi gasnya. Tak hanya gas, batu bara juga demikian.

Padahal, dengan kebutuhan listrik yang semakin meningkat seiring pertumbuhan ekonomi, Indonesia butuh tambahan pasokan gas.

http://finance.detik.com/read/2015/03/12/120540/2856741/1034/2/gas-ri-banyak-diekspor-ini-rencana-esdm

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.