24.1 C
Jakarta
20 January 2022
spot_img

Latest Posts

Freeport Didesak Jawab Tuntutan Pekerja Tambang

JAYAPURA – Aksi Blokade di Ridge Camp mil 72 Tembagapura, Mimika, terus berlanjut menyusul belum adanya titik temu antara pihak manajemen PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan pekerja tambang yang berunjuk rasa. Mediasi antara manajemen dan pekerja tambang difasilitasi oleh Kepolisian Resor Mimika, Selasa (17/3/2015).

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Patrige Renwarin mengatakan, para pekerja menolak membentuk tim perwakilan untuk menemui Presiden Direktur PTFI, Maroef Sjamsoeddin, yang berada di Jakarta.

“Mereka hanya ingin Presiden Direktur PTFI menemui pengunjuk rasa dan menjawab tuntutan mereka di lokasi blokade,” jelas Patrige, Selasa malam.

Ketegangan sempat berlangsung di lokasi blokade ketika perwakilan manajemen ingin masuk ke lokasi tambang untuk melakukan perawatan areal dan peralatan tambang. “Namun pekerja menolak, dan mengatakan bahwa merekalah yang bertanggung jawab untuk perawatan tambang, karena tambang itu adalah periuk nasi mereka,” jelas Patrige.

Setelah melalui tawar menawar, akhirnya pihak manajemen dan pengunjuk rasa sepakat untuk melakukan kegiatan perawatan tambang Rabu (18/3/2015) esok. Hingga malam ini, ratusan pekerja tambang masih menduduki lokasi blokade

Seperti diberitakan, ratusan pekerja tambang menggelar unjuk rasa sejak Senin (16/3/2015) pagi. Mereka menuntut insentif dan promosi sebagai kompensasi kepada mereka yang tidak terlibat dalam mogok kerja di tambang Grasberg, September 2014 lalu.

Selain itu, para pekerja yang berasal dari tujuh suku juga meminta perusahaan tegas memberikan sanksi kepada pekerja tambang yang mogok sesuai pedoman hubungan industrial yang disepakati dalam Perjanjian Kerja Bersama PTFI. Blokade ini mengakibatkan aktivitas tambang di Grasberg dan tambang bawah tanah lumpuh total.

http://regional.kompas.com/read/2015/03/18/00460991/Freeport.Didesak.Jawab.Tuntutan.Pekerja.Tambang

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.