26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

Forum Ilmuwan Yogya Sambut Terpilihnya Jokowi

YOGYA (KRjogja.com) – Sekelompok akademisi dari beberapa kampus di Yogyakarta (UAJY, UMY, UNY, UGM, UJB, UIN) yang menamakan diri Forum Ilmuwan Yogyakarta menyatakan sikap menyambut pasangan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Mereka menilai hal ini adalah sesuatu yang positif, tidak hanya dalam ranah politik, namun juga sosial dan kebudayaan yang krusial bagi kelangsungan bangsa ke depan.

Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Dr. Maryatmo menerangkan, kemenangan Jokowi-JK sangat fenomenal, karena keterlibatan rakyat dalam proses kemenangan pasangan ini sangat tinggi. Ini membuktikan kekuatan rakyat bisa berhasil mengalahkan elite politik. “Awam dan voluntir berhasil mengalahkan yang fanatis dan terstruktur,” ujarnya dalam keterangan pers yang diinisiasi Seknas Jokowi di kampus Universitas Janabadra (UJB) hari ini (23/07/2014).

Ia berharap Jokowi-JK nanti bisa melaksanakan pembangunan dengan membentuk kabinet yang profesional. Sektor pendidikan dan kesehatan harus diutamakan untuk mewujudkan pembangunan yang sesuai harapan. “Yang harus segera dilakukan adalah ‘upgrade’ tenaga kerja yang ada. Pemerintah harus menyediakan kursus-kursus ketenagakerjaan, untuk menghadapi ‘free trade’ 2015,” ujarnya.

Sementara Ketua Dewan Pendidikan DIY yang juga akademisi dari UNY Prof. Wuryadi sangat menyenangi gagasan Jokowi yang menempatkan kekuatan ekonomi kreatif sebagai kerangka pembangunan ekonomi jangka panjang. Kebijakan ekonomi menuju kemandirian memang menurutnya perlu dilakukan, karena selama ini pembangunan ekonomi masih berorientasi pada import.
“Gagasan tentang tol laut untuk menghubungkan 17 ribu pulau juga sangat brilian. Hubungan untuk benar-benar mewujudkan bhinneka tunggal ika adalah hubungan laut,” tuturnya.

Wuryadi juga menyayangkan pernyataan menarik diri yang dilontarkan oleh capres Prabowo Subianto, menjelang pengumuman final KPU. Hal senada diungkapkan akademisi dari UMY Prof Tulus Warsito. Menurutnya, sikap ini menunjukkan konsistensi karakter prabowo yang egois dan individualistik. “Ini bukti nyata sikap capres seperti itu tidak layak diteruskan,” tegasnya. (Den)

http://krjogja.com/read/224131/forum-ilmuwan-yogya-sambut-terpilihnya-jokowi.kr

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.