25.9 C
Jakarta
20 January 2022
spot_img

Latest Posts

ESDM: Kegiatan Pertambangan Freeport Lumpuh

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan kegiatan operasi tambang PT Freeport Indonesia terhenti menyusul aksi demonstrasi karyawan yang digelar sejak Senin (16/03) kemarin.

Direktur Teknik dan Lingkungan Kementerian ESDM Bambang Susigit mengatakan kegiatan tambang berhenti lantaran aksi demonstrasi itu menutup akses menuju lokasi tambang. Namun Bambang mengaku belum mendapatkan laporan lengkap mengenai kerugian yang ditimbulkan akibat terhentinya kegiatan operasi tambang itu.

“Aksi tersebut mengakibatkan terhentinya kegiatan tambang karena akses karyawan ke tambang tertutup,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (17/3).

Bambang menuturkan pihak manajemen Freeport Indonesia telah melaporkan situasi yang terjadi tersebut. Dia bilang manajemen Freeport terus berupaya melakukan negosiasi terkait tuntutan demonstran tersebut. Selain itu pihak manajemen juga meminta aksi unjuk rasa itu tidak menutup jalan sehingga memberi kesempatan karyawan Freeport lain yang tidak ikut demonstrasi untuk melakukan kegiatan tambang maupun perawatan.

“PTFI masih melakukan negosiasi,” ujarnya.

Aksi demo itu menuntut penegakan aturan perjanjian kerja bersama (PKB) dan perselisihan hubungan industria (PHI), hak-hak karyawan yang aktif bekerja baik dari PT Freeport, kontraktor dan privatisasi harus diberi kompensasi dan promosi, tinjau ulang keputusan arbitrase yang tidak sesuai aturan PKB dan PHI.

Sedangkan tuntutan yang kelima adalah apabila keempat tuntutan tidak dipenuhi maka seluruh karyawan yang aktif bekerja pada saat mogok meminta golden packet.

http://www.beritasatu.com/industri-perdagangan/257891-esdm-kegiatan-pertambangan-freeport-lumpuh.html

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.