24.1 C
Jakarta
20 January 2022
spot_img

Latest Posts

Desa harus Jadi Basis Utama Swasembada Pangan Nasional

JAKARTA – Desa harus dijadikan sebagai basis utama swasembada pangan nasional. Sebab, semua aspeknya terkait dengan desa. Karena itu, desa harus terus diperkuat dan diberdayakan.

“Mudahnya saja, lahan pertanian adanya di desa, petani tinggal di desa, bendungan dan irigasi juga adanya di desa, distribusinya juga menggunakan jalan desa, hampir semua aspek pangan terkait dengan urusan desa,” jelas Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDT2) Marwan Jafar dalam siaran persnya (Senin, 16/2).

Sementara besaran dana desa dari pusat dan daerah yang diterima desa tahun ini belum mencapai angka ideal. Namun jika dikelola dengan baik bisa menjadi penggerak pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Terkait dana desa, Marwan mengingatkan pentingnya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk menopang desa jadi basis utama swasembada pangan. Melalui Bumdes, dana desa dapat dikelola sebagai modal usaha untuk memajukan usaha desa di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Desa akan menjadi produsen utama bahan pangan yang dihasilkan oleh sektor-sektor tersebut.

“Desa juga dapat memberikan pinjaman murah kepada warga desa yang menjadi petani, pekebun, peternak dan nelayan. Dana pinjaman tersebut dapat diambilkan dari dana desa setelah diputuskan melalui musyawarah desa,” kata Menteri Marwan.

Langkah penting lainnya, menyediakan tenaga penyuluhan kepada petani melalui program pendampingan desa. Akan direkrut tenaga pendamping desa yang memiliki kemampuan sebagai penyuluh pertanian untuk desa-desa yang ditargetkan jadi lumbung pangan.

“Pendamping desa ini bisa menjadi tenaga penyuluh,  mendampingi, memberikan advis dan konsultasi kepada para petani supaya menggunakan bantuan benih, pupuk dan peralatan bantuan Pemerintah secara tepatguna dan produktif, sehingga hasil pertaniannya meningkat volume dan kualitasnya,” jelas Menteri Desa.

Menurut mantan Ketua Fraksi PKB ini, masih banyak yang bisa dilakukan desa untuk membantu para petani. Diantaranya, desa bisa memfasilitasi suatu forum petani agar para petani di desa tersebut bisa saling tukar informasi dan bisa segera mencari solusi jika ada masalah seperti hama wereng dan lain-lain.

“Jika panen desa berlimpah ruah dan mutunya bagus, saya optimis panen desa bisa mencukupi kebutuhan pangan warganya dan masyarakat daerah lainnya, kita tidak perlu impor pangan lagi bahkan nantinya kita bisa ekspor pangan, cukuplah desa menjadi basis utama swasembada pangan nasional kita,” tandasnya.

http://nusantara.rmol.co/read/2015/02/16/191872/Desa-harus-Jadi-Basis-Utama-Swasembada-Pangan-Nasional-

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.