Gotong royong menghadapi pandemi COVID-19:

Himbauan kepada seluruh DPW dan DPD serta seluruh anggota SekNas JOKOWI

Jakarta – Pandemi COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda mereda, dan belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Pemerintah telah mengambil langkah-langkah dan program-program untuk mengatasi pandemi maupun dampaknya terhadap kehidupan ekonomi masyarakat. Pemerintah telah melaksanakan vaksinasi untuk warga dan telah meningkatkan kapasitas layanan untuk perawatan pasien yang tertular virus COVID-19.

Dalam rangka menghambat penyebaran virus COVID-19 pemerintah mengambil kebijakan dan tindakan dengan melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), meskipun bisa memberi dampak pada kehidupan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat dengan pendapatan tidak tetap. Untuk mengantisipasi dampak PPKM tersebut pemerintah juga sudah menyalurkan berbagai jenis bantuan kepada masyarakat.

Berkaitan dengan situasi kekinian tersebut, DPN Seknas JOKOWI menghimbau kepada seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) serta anggota-anggotanya untuk mengambil peran akktif dalam mendukung pemerintah dengan membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 dan PPKM. Peran tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  1. Bergotongroyong bersama warga membentuk RT Siaga. Memberi informasi tentang warga yang terpaksa melakukan isolasi mandiri (isoman) kepada RT/RW agar segera mendapatkan layanan bantuan makanan dan obat-obatan;
  2. Membantu menyalurkan bantuan dari pemerintah kepada masyarakat yang terpaksa harus tinggal di rumah;
  3. Membantu Puskesmas dan Posyandu untuk mengantarkan tablet nutrisi dan vitamin ke ibu- ibu hamil dan menyusui ke rumah-rumahnya, dan sebagainya sesuai kemampuan dan konteks di masing-masing wilayah dan daerah.

Selain itu kami juga menghimbau kepada seluruh DPW dan DPD serta anggota Seknas JOKOWI untuk menjadi teladan dalam mendidik masyarakat dalam hal perilaku sehat sesuai protocol COVID- 19, yakni: cuci tangan pakai sabun, menggunakan hand sanitizer, memakai masker sesuai petunjuk yang benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mengkonsumsi makanan sehat.

Demikian himbauan in kami sampaikan dengan harapan agar Indonesia akan segera bebas dari pandemi COVID-19 ini.

Sereida Tambunan, S.IP

Pjs. Ketua Umum SekNas JOKOWI