24.1 C
Jakarta
19 January 2022
spot_img

Latest Posts

Terapkan Saksi Berlapis, Relawan Jokowi-JK Kawal Rekap Suara

JAKARTA – Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla menerapkan pengawalan berlapis pada proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Presiden 2014. Pengawalan berlapis dilakukan dari tingkat Panitia Pemungutan Sementara atau PPS di tingkat kelurahan, PPK di Kecamatan, dan pada KPUD Kabupaten serta KPUD Provinsi.

“Relawan Jokowi mem-back-Up saksi parpol. Kami sudah rapat sejak sahur, sahur bersama sebelum mengawal rekapitulasi di PPS yang dimulai hari ini. Nah, saksi dalam itu dari saksi partai, saksi luar adalah relawan, jadi ada saksi berlapis,” ujar juru bicara Jokowi, Kofifah Indar Parawansa, Kamis (10/7/2014).

Ketua Umum Muslimat NU ini mengatakan pengawalan berlapis sangat diperlukan guna benar-benar memastikan proses rekapitulasi berjalan sesuai aturan. Tim saksi dari relawan Jokowi-JK dikerahkan sekaligus mengantisipasi lelahnya saksi parpol yang mengawal proses rekapitulasi maraton.

Selain pengawalan rekapitulasi, Tim Relawan Jokowi JK juga melakukan pengawasan dan investigasi atas dugaan-dugaan kecurangan yang kemungkinan merugikan pasangan diusung PDIP, NasDem, PKB, Hanura, dan PKPI ini.

“Sesungguhnya yang dilihat tidak hanya yang hadir di TPS, kita mengecek berapa DPT, berapa yang hadir, berapa suara sah, tidak sah. Kita membutuhkan, dan sudah siap dengan basic data yang beruntun, ada pemotretan, dan formulir C1. Relawan juga melakukan beragam aksi anti kecurangan, seperti menelusuri dan menginvestigasi dugaan pemilih ganda yang disinyalir terjadi di beberapa titik hasil penelusuran dugaan sebelum-sebelumnya,” sambung Kofifah.

Sementara itu, Tim Pemenangan Jokowi JK juga melakukan real count sesuai formulir C1. Real Count ini juga dilakukan secara berlapis. Tim Kampanye Nasional diback-up oleh komunitas relawan yang dikoordinir tiga sekretariat besar.

“Real Count menggunakan Formulir C1. Hingga Kamis sore lebih dari 83 persen copy masuk dari seluruh kabupaten kota. Kami juga mengumpulkan data primer salinan C1. Bukan hanya C1 folio, tapi planonya juga kita siapkan. Kita menjumlah formulir C1, lalu kita sandingkan di tiap PPS dan PPK, kalau ada perbedaan, maka sedini mungkin kita sudah tau dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Nah, kedua, kita didukung penuh oleh relawan dari tiga kelompok besar yang mengambil foto. Data itu lalu kita olah, kita siapkan, per menit rata-rata ada 60 ribu suara masuk di data base kita. Kemudian, rata-rata kami unggul dan berada di kisaran 52-54 persen suara nasional. Hasil rekapitulasi kami mendekati hasil quick qount oleh sejumlah lembaga survei yang kredibel,” ujar anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi-JK, Enggartiasto Lukita.

Jokowi memang telah menginstruksikan kepada segenap tim parpol pengusung dan tim relawan untuk bekerjasama mengawal proses rekapitulasi. Sebab, kemenangan yang tipis membuat hasil Pilpres rawan dicurangi. (Wayan Adi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.