29.5 C
Jakarta
16 October 2021
spot_img

Latest Posts

Tenda Cinta Jokowi 2″ Sukses Luar Biasa

MEDAN – Kirab budaya di resepsi ‘Ngunduh Mantu’ putri satu-satunya Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu-Muhammad Bobby Afif Nasution, Minggu (26/11) lalu, berjalan sukses dan luar biasa. Lebih kurang 5.000 relawan turut serta dalam kirab budaya di perkawinan akbar tersebut.

“Cukup sukses dan luar biasa, Sumut harus bangga akan hal ini karena kearifan lokal Sumut telah dipertontonkan ke seluruh dunia,” ungkap Ketua Parfi Sumut Murni Huber kepada MedanBisnis, di sekretariat Parfi Sumut, Cafe Huber Jalan Sei Asahan, Medan, Selasa (28/11).

Dikatakan Murni, ribuan relawan Jokowi dari 33 kabupaten di Sumut serta relawan dari luar negeri itu turut hadir mengikuti kirab bersama Presiden Jokowi. Mengambil start dari Gedung MICC Gagak Hitam/Ringroad hingga ke lokasi acara di Bukit Hijau Regency Kompleks Tasbi dengan jarak lebih kurang 2 kilometer membuat kirab cukup semarak.

“Jadi ada tanda khusus untuk relawan kita ini yakni ‘Tenda Cinta Jokowi 2’, kalau ‘Tenda Cinta Jokowi 1 itu dibuat waktu pesta di Solo,” jelas Murni yang menjadi Koordinator Kirab serta Pendiri Relawan Jokowi Sumut dan Internasional sejak 2013 ini.

Huber menyebutkan, kearifan lokal budaya Sumut sukses karena diliput media pers asing. Sebab, dalam kirab itu menampilkan budaya Sumut seperti mengenakan baju adat dari suku Phakpak, Karo, Angkola, Toba, Simalungun, Melayu deli, dan Nias.

Dari luar Sumut juga ada seperti Padang, Kalimantan, Betawi, Palembang, Bengkulu, Sunda, dan tentu saja dari Solo. “Tidak itu saja, dari dunia internasiomal juga ada seperti Jepang, Australia, Jerman, China, dan Korea. Semua itu kita tampilkan dalam koridor Parfi Sumut yang ikut di kirab tersebut,” beber Murni, yang saat itu mengenakan baju Korea.

Murni meyakini, lewat momentum yang hanya akan ada satu kali dalam seumur hidup ini, budaya leluhur Sumut bisa ‘dijual’ ke dunia internasional.

“Jadi inilah Sumut yang penuh dengan multi etnik, kearifan lokal, bersaudara dengan keberagaman budayanya. Jadi tidak ada seorang pun yang bisa memecah belah,” paparnya. (diur/zulfadli siregar)

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2017/11/29/328246/tenda_cinta_jokowi_2_sukses_luar_biasa/

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.