25.2 C
Jakarta
8 December 2021
spot_img

Latest Posts

Survei: Jokowi masih unggul 13,4% atas Prabowo

JAKARTA – Lembaga survei Indobarometer mengeluarkan hasil jajak pendapat terbaru untuk pasangan JokowiJK dan PrabowoHatta. Hasilnya, JokowiJK masih unggul. Malah selisihnya mencapai 13,4 % dari pasangan PrabowoHatta.

Tingkat keterpilihan pasangan JokowiJK mencapai 49,9 persen. Mengungguli pasangan Prabowo Hatta yang mencapai 36,5 persen. Sementara sisanya sebanyak 13,5 persen belum menentukan pilihannya. Jumlah itu terdiri dari 1,5 persen responden yang merahasiakan pilihannya, 11 persen responden belum memutuskan, dan 1 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab. Jarak yang relatif jauh sebanyak 13,4 persen itu dicapai lantaran JokowiJK memiliki kinerja bagus. Demikian saripati survei terakhir Indo Barometer yang dilansir Selasa, 17 Juni 2014 seperti ditulis Kompas.com.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan, JokowiJK masih unggul lantaran dipersepsikan dalam banyak kategori. Pasangan JokowiJK dilihat sebagai pasangan yang memiliki kinerja bagus, dekat dengan rakyat, jujur, berjiwa sosial, berpengalaman, pasangan yang serasi, dan suka akan kepribadiannya,” kata Qodari.

Dalam aspek kedekatan dengan rakyat, PrabowoHatta kalah dengan Joko-Kalla. Persentase Joko Widodo-Kalla sebesar 90,4 persen. Sedangkan PrabowoHatta 16,8 persen. Selain itu Joko Widodo-Kalla unggul pada kepribadian. “Hasil survei yang menganggap kepribadian JokowiJK lebih baik 63,3 persen. Pasangan PrabowoHatta 36,7,” ujar Qodari.

Sementara itu, sosok PrabowoHatta unggul dalam beberapa kategori, yakni sebagai pasangan yang tegas, memiliki visi dan misi yang bagus, dan berjiwa pemimpin. Menurut Qodari, upaya Prabowo yang berusaha menunjukkan diri dekat dengan rakyat tak akan membuahkan hasil lantaran persepsi itu sudah terlalu kuat dikaitkan dengan sosok Jokowi.

Jokowi – JK, menurut Indo Barometer, unggul di Provinsi Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Sulawesi Selatan. Sedangkan PrabowoHatta unggul di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Jawa Barat. Di Provinsi Lampung, dukungan untuk pasangan sama besar,” kata M Qodari seperti dikutip Liputan6.com.

Dari segmen jenis kelamin, dukungan perempuan lebih besar jatuh ke pasangan JokowiJK. “Dari segi etnisitas, PrabowoHatta sebenarnya unggul di suku kedua terbesar yakni Sunda. Namun, mereka kalah telak di pemilih terbesar, yakni etnis Jawa,” ujar Qodari.

Survei Indo Barometer ini dilaksanakan di 33 provinsi dengan jumlah responden 1.200 orang pada 28 Mei-4 Juni 2014. Margin of error sebesar lebih kurang 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik dewasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka, dengan menggunakan kuesioner.

Survei Indo Barometer ini meneguhkan hasil survei lainnya yang menunjukkan posisi pasangan bernomor urut dua JokowiJK masih menjadi pilihan nomor satu dibanding pasangan PrabowoHatta yang memiliki nomor urut satu pada pilpres 2014. (skj)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.