29.5 C
Jakarta
16 October 2021
spot_img

Latest Posts

Soal Review Proyek 35.000 MW, 5 Persen Pertumbuhan Ekonomi Menurut Rizal Ramli Impossible Tercapai

Rabu, 27 Sep 2017 – 20:48

KONFRONTASI -Mantan Menko Maritim Rizal Ramli (RR) pernah meminta untuk mereview ulang proyek 35.000 MW. Kini hal yang sama juga disuarakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Namun, menurut analis Moch Habib ada perbedaan substansi antara keduanya. Menurutnya, RR minta review ulang proyek 35.000 MW lebih dikarenakan kebutuhan kelistrikan hanya 21.000 MW, itupun dgn asumsi pertumbuhan ekonomi 6-7%. Apalagi sekarang, pertumbuhan ekonomi memble cuma 5%, maka kebutuhan dan target proyek listrik 35.000 MW dengan pertumbuhan ekonomi 5% malah akan tambah bikin runyam..

Berbeda dengan SMI, kata Khabib, permintaan evaluasi 35.000 MW itu lebih dikarenakan PLN takut tak mampu membayar utang-utangnya, karena kebijakan meniadakan kenaikan tarif tenaga listrik (TTL). Terlebih nantinya ada PMN dan subsidi, sehingga prioritas APBN untuk bayar utang plus bunganya tersedot.

Kemudian soal efisiensi, Khabib menilai, tujuan Rizal Ramli dan SMI juga berbeda. RR, menurutnya lebih pada mempersempit celah KKN dan memberikan kebijakan Terobosan.
“Contoh ketika RR mengooreksi pencabutan subsidi TDL, RR memberi alternatif mengurangi berbagai mark up di proyek-proyek PLN, dan juga terobosan-terobosan lainnya ketimbang cabut subsidi TDL,” paparnya.
Sedangkan tujuan SMi, kata dia, lebih kepada penyerahan bisnis kelistrikan pada swasta, alias liberalisasi.
“Yang jelas, ada maksud dan pandangan yang berbeda antara RR dan SMI soal kelisrtrikan ini, walau judul depannya sama-sama evaluasi proyek 35.000 MW,” paparnya lebih lanjut.

Bisa jadi, kata dia, SMI minta review proyek 35.000 MW lebih karena tak ingin melihat negeri ini mandiri dalam energi kelistrikan, dan takut APBN tak lagi bisa disedot untuk prioritas bayar utang yang telah dibuatnya.

Sementara RR minta review ulang proyek PLN 35.000 MW lebih karena ingin menyelamatkan PLN dari aksi penjarahan melalui proyek-proyek PLN. Terlebih lagi RR punya rekam jejak selamatkan PLN dari kebangkrutan pada 2001.
“Ada substansi niat dan maksud beda antara RR dan SMI,” pungkas Khabib.

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.