26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

Seknas Jokowi Dukung Sikap Capres Jokowi Kecam Agresi Israel Ke Gaza

TIMES.CO.ID, Jakarta – Seknas Jokowi menyatakan dukungan terhadap sikap capres Joko Widodo yang menginginkan kemerdekaan Palestina. Kelompok relawan ini juga menyatakan setuju atas kecaman capres Joko Widodo atas agresi Israel di Jalur Gaza yang menimbulkan puluhan korban tewas di kalangan warga sipil tak berdosa.

Di mata Seknas Jokowi, sikap capres Jokowi tersebut mencerminkan upaya mewujudkan pesan para Bapak Pendiri Bangsa sebagaimana yang tertuang di dalam Pembukaan UUD’45. Berikut ini adalah pernyataan sikap Seknas Jokowi

Press Release

Dukung Langkah Jokowi Untuk Kemerdekaan Palestina

Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi mendukung langkah capres Joko Widodo yang menginginkan kemerdekaan Palestina, serta mengecam tindakan agresi Israel ke Palestina di Jalur Gaza yang telah menewaskan warga sipil. Dukungan Jokowi terhadap kemerdekaan Palestina merupakan suatu bentuk ketegasannya untuk mendorong kemerdekaan Palestina serta perhatiannya terhadap pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di muka bumi. Karena itu patut didukung semua anak bangsa.

Pengakuan Jokowi terhadap kemerdekaan Palestina juga menunjukan tekadnya untuk menjunjung tinggi konstitusi negara Republik Indonesia. Dalam alenia pertama Pembukaan UUD 1945 dinyatakan: “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan” Makna yang terkandung dalam alinea pertama ini adalah menunjukkan keteguhan dan kuatnya pendirian bangsa Indonesia menghadapai masalah kemerdekaan melawan penjajah.

Pernyataan Mukadimah UUD 1945, tidak saja mengungkap pernyataan subyektif aspirasi bangsa Indonesia untuk membebaskan diri dari penjajahan, melainkan juga mengungkapkan suatu dalil obyektif, yaitu bahwa penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan, dan oleh karenanya harus ditentang dan dihapuskan agar semua bangsa di dunia ini dapat menjalankan hak kemerdekaannya sebagai hak asasinya. Dalam konteks itulah kemerdekaan Palestina adalah suatu keniscayaan yang harus diperjuangkan. Tidak hanya oleh bangsa Indonesia, tetapi oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Seruan Jokowi yang meminta solidaritas di antara negara-negara pencinta perdamaian untuk bersama menekan Israel menghentikan aksinya dengan melakukan perundingan yang bermartabat, adil, dan setara, sangat tepat untuk mengakhiri tragedi kemanusiaan di Gaza Palestina.

Bagaimanapun Palestina memiliki arti penting bagi rakyat Indonesia. Palestina merupakan salah satu negara di Liga Arab yang mendukung dan mengakui kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Jadi sudah selayaknya bangsa Indonesia melakukan hal yang sama terhadap Palestina yakni mengakui kemerdekaannya. Apalagi sudah lama bangsa Palestina dijajah bangsa Israel–sejak tahun 1948. Selama 66 tahun rakyat Palestina menderita, sudah puluhan ribu orang korban yang tewas dalam peperangan ini. Mengakui kemerdekaan Palestina berarti mengakui kedaulatannya sebagai sebuah Negara, yang harus dihormati keberadaaanya oleh negara-negara lain di dunia yang cinta damai.
http://times.co.id/2014/07/11/seknas-jokowi-dukung-sikap-capres-jokowi-kecam-agresi-israel-ke-gaza

 

 

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.