26.1 C
Jakarta
4 December 2021
spot_img

Latest Posts

Relawan Perempuan Siap Amankan Suara Jokowi-JK

IMG-20140626-WA0012

JAKARTA- Puluhan relawan menghadiri acara “Konsolidasi dan Pembekalan Relawan Perempuan Pendukung Jokowi-JK” yang bertempat di Sekretariat Seknas Jokowi di Jalan Brawijaya Raya No.35, Jakarta Selatan, Kamis (26/6/2014). Acara ini bertujuan membangun kesadaran kritis untuk memilih capres yang berpihak pada kepentingan perempuan dan melatih para relawan perempuan untuk memantau TPS yang berada di lingkungannya.

Acara pembekalan relawan perempuan tersebut dibuka oleh Ibu Mufidah Kalla. Pada kesempatan itu, beliau mengungkapkan harapannya agar gerakan perempuan melalui Seknas Perempuan terus berkerja menyapa warga. “Para relawan perempuan bisa menjadi ujung tombak dalam merangkul masyarakat khususnya kaum perempuan untuk memenangkan Jokowi-JK, sekaligus memantau proses pemungutan suara dan perhitungannya di TPS,” pesan istri cawapres Jusuf Kalla ini.

Antusiasme para relawan yang merupakan perwakilan dari kecamatan/ kabupaten yang berada di Jakarta, Banten, Jawa Barat, sebagian wilayah di Jawa Tengah dan Bangka Belitung, sangat tinggi untuk memenangkan pasangan Jokowi – JK. Para peserta dengan penuh semangat berbagi pengalaman dalam upaya mereka menepis berbagai isu yang merupakan bagian dari kampanye hitam yang ingin menjatuhkan pasangan nomer urut 2 ini.

“Rata-rata peserta mengatakan isu yang berbau SARA merupakan tantangan terbesar ketika mereka harus turun menyampaikan mengapa harus memilih pasangan Jokowi-JK,” ujar Ketua Seknas Perempuan Pendukung Jokowi, Irene Shanty Parhusip kepada Jokowi.id.

Mereka akhirnya sepakat bahwa dalam menghadapi berbagai isu yang menyerang, pada relawan harus tetap menunjukan kesantunannya ketika berhadapan dengan warga, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Jokowi. Senyum dan sikap santun adalah sikap yang harus dimiliki para relawan untuk menghantar Jokowi-JK sebagai pemenang Pilpres 2014.

Sesi yang juga menarik perhatian peserta adalah sesi yang membahas visi misi Seknas Perempuan dan relevansinya dalam Nawa Cita. “Para relawan perempuan di daerahnya masing-masing menganggap bahwa pasangan Jokowi–JK lah yang memiliki kepedulian terhadap isu-isu yang memiliki keberpihakan pada perempuan. Karena isu-isu perempuan selama ini hanya menjadi isu pinggiran, baik di parlemen maupun oleh pemerintah yang berkuasa. Sikap berbeda ditunjukan Jokowi – JK yang memasukan isu-isu perempuan dan kesetaraan gender dalam 9 agenda prioritasnya jika terpilih jadi presiden dan wakil presiden yang dinamakan Nawa Cita,” lanjut Shanty.

Atas keberpihakannya terhadap isu-isu perempuan, Seknas Perempuan di seluruh Indonesia akan berjuang keras menjadi tim pemenangan bagi Jokowi dan JK. Hingga saat ini, lebih dari 5.000 relawan perempuan, yang terdiri dari beragam profesi, latar belakang dan usia, yang tergabung dalam seknas perempuan pendukung Jokowi secara nasional.

Berkaitan dengan pemantauan TPS serta peran saksi pada hari pencoblosan hingga ke penghitungan suara, Seknas Perempuan menganggap hal itu sangat penting dilakukan. “Ini merupakan titik kritis yang rawan sekali terjadi kecurangan. Belajar dari pengalaman Pileg kemarin, dimana banyak sekali terjadi kecurangan pada saat penghitungan suara, maka para relawan perempuan merasa harus melakukan pengawalan yang ketat agar tidak terjadi berbagai manipulasi,” jelas Ketua Panitia Estining Gunitarukmi.

Oleh karena itu, para relawan perempuan diminta hadir pada hari pencoblosan dan tidak meninggalkan lokasi TPS di wilayahnya masing-masing hingga selesai penghitungan suara. Sebagai bukti, para relawan diwajibkan untuk memfoto hasil penghitungan suara yang tercatat dalam papan penghitungan suara dan formulir C1. “Foto-foto ini akan menjadi bukti ketika diduga terjadi kecurangan di suatu TPS,” imbuh Estining. Dengan demikian diharapkan suara pasangan Jokowi-JK aman, tidak dimanipulasi oleh lawan politiknya sehingga bisa memenangkan Pilpres 2014 dengan fair. (Ere)

 

 

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.