27.3 C
Jakarta
4 December 2021
spot_img

Latest Posts

Relawan Minta Jokowi Beri Bantuan Tunai Untuk Siasati Kenaikan BBM

JAKARTA, KOMPAS.com – Seknas Relawan Joko Widodo turut mencarikan solusi terkait persoalan bahan bakar minyak yang tengah dihadapi presiden terpilih tersebut. Salah satu solusi yang ditemukan, adalah dengan memberikan dana bantuan tunai kepada masyarakat miskin.

“Rp 1 Juta per bulan kepada setiap Kepala Keluarga yang tidak mampu, satu tahun Rp 12 Juta,” kata ekonom Universitas Indonesia Akhmad Syahroza dalam konferensi pers bersama Seknas Jokowi di Jakarta, Jumat (29/8/2014) siang.

Menurut dia, per Maret 2014, penduduk miskin berjumlah 28,8 Juta jiwa atau 9,5 juta kepala keluarga jika satu kepala keluarga diasumsikan berjumlah tiga orang. Dia meyakini, dengan biaya subsidi BBM yang begitu tinggi saat ini, solusi tersebut bisa menghemat hingga maksimal 249,5 Triliun atau minimal 177,1 Triliun.

“Mekanisme pemberian subsidi pada rakyat yang berhak menerimanya melalui Kartu Energi Berkeadilan,” ujarnya.

Dengan kartu itu, dia yakin penduduk miskin di seluruh Indonesia bisa terdata dengan baik. Pada akhirnya tidak akan ada salah penyaluran dana seperti program Bantuan Langsung Tunai yang digagas pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

“Ini tidak ada pihak perantara, kalau dulu kan melalui daftar, sekarang pakai kartu. Bantuan langsung tersalurkan,” ujarnya

http://nasional.kompas.com/read/2014/08/29/15545351/Relawan.Minta.Jokowi.Beri.Bantuan.Tunai.Untuk.Siasati.Kenaikan.BBM

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.