25.2 C
Jakarta
8 December 2021
spot_img

Latest Posts

Presiden Buka Pasar Sektor Rill sebelum Pasar Modal

Jakarta – Layaknya rutinitas tahunan, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo membuka perdagangan instrumen Pasar Modal pada hari kerja pertama di 2015. Presiden Jokowi membuka ‘market’ secara simbolis di Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan, Jumat (2/1/2015).

Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Presiden Jokowi membuka perdagangan di Pasar Tanah Abang sebelum membuka perdagangan di BEI. Jokowi yang pertamakali membuka perdagangan di BEI sebagai Presiden berharap pasar sektor riil akan semakin terhubung dengan pasar modal.

“Sengaja hari ini saya buat tradisi baru yaitu Presiden RI di hari kerja pertama tahun baru, tidak hanya membuka perdagangan instrumen Pasar Modal di Bursa Efek Indonesia tapi juga membuka perdagangan di Pasar Tanah Abang. Harus ada korelasi yang kuat antara perputaran modal di pasar modal dengan geliat sektor riil,” ujar Jokowi, Jumat (2/1/2015).

Kepala Pemerintahan juga menginstruksikan agar uang yang masuk ke pasar modal bisa maksimal mendorong perkembangan pasar riil. Sehingga uang yang ada tidak hanya berputar-putar di pasar modal.

“Hendaknya penawaran-penawaran saham dan obligasi yang baru, dananya bisa digunakan sepenuhnya di sektor riil, jangan dana masuk dari masyarakat dari penawaran baru di pasar perdana dimasukkan kembali ke perputaran pasar sekunder. Akibatnya kan terjadi penggelembungan harga saham,” beber Jokowi.

Presiden juga berharap pelaku sektor riil aktif mengakses pasar modal yang sangat potensial. Perdagangan reksadana akan didorong agar makin kuat disamping investasi pasar modal dan saham, agar lebih mudah diakses pengusaha mikro, kecil dan menengah. (Adi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.