26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

PoliticaWave: Jokowi-JK, Presiden-Wakil Presiden Pilihan Netizen

Liputan6.com, Jakarta – Lembaga survei PoliticaWave mengeluarkan hasil pantauannya di media sosial terhadap percakapan terkait Pilpres 2014 yang dilakukan para netizen atau warga dunia maya.

Hasilnya menunjukkan bahwa, menurut netizen, pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) akan memenangkan Pilpres 2014 dengan elektabilitas sebesar 53,8% dan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa mendapat sebesar 46,2%.

“Dari perbandingan jumlah netizen yang melakukan percakapan (share of netizen) menunjukkan keunggulan pasangan Jokowi-JK sebesar 53,8% dibandingkan pasangan Prabowo-Hatta sebesar 46,2%,” ujar pendiri PoliticaWave Yose Rizal dalam rilis bertajuk ‘JOKOWI-JK, Presiden dan Wakil Presiden Pilihan Netizen’ yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Minggu (6/7/2014).

Dia menjelaskan, berdasarkan share of awareness atau perbandingan jumlah percakapan secara keseluruhan, pasangan Jokowi-JK lebih unggul dengan perolehan angka 60,5% dibanding duet Prabowo-Hatta yang mendapat 39,5%.

Kemudian berdasarkan margin antara sentimen positif dan negatif (net sentimen), Jokowi-JK juga mengungguli pasangan Prabowo-Hatta dengan net sentimen 3,5 kali lebih positif.

“Dari metrik tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak percakapan dan netizen yang melakukan percakapan tentang pasangan Jokowi-JK. Sentimen percakapan tentang Jokowi-JK pun lebih positif daripada Prabowo-Hatta,” imbuh Yose.

“Berdasarkan pengalaman PoliticaWave, 10 dari 12 Pilkada dan Pileg dimenangkan oleh kandidat yang percakapannya paling besar dan paling positif,” imbuh dia.

Hasil rilis ini dilakukan dengan pemantauan di media sosial pada periode 8 Juni-5 Juli 2014. Tercatat, ada 5.977.879 percakapan dan 1.592.323 netizen yang melakukan percakapan terkait kedua pasangan capres dan cawapres.

http://indonesia-baru.liputan6.com/read/2073939/politicawave-jokowi-jk-presiden-wakil-presiden-pilihan-netizen

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.