26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

Pembangunan Infrastuktur Pertanian Bergulir Dari Timur

Presiden Jokowi Tiba di NTT. (Photo : Sekretariat Kabinet.)
Presiden Jokowi Tiba di NTT. (Photo : Sekretariat Kabinet.)

JAKARTA – Pembangunan infrastruktur pertanian pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo mulai bergulir. Presiden Jokowi mengawalinya dengan ‘Peletakan Batu Pertama’ pembangunan Bendungan Raknamo, di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

“Bendungan Raknamo menjadi bendungan pertama yang kita bangun. Sebab, sudah 17 tahun lebih kita tidak pernah bangun satu pun bendungan. Ini yang pertama dari 49 bendungan yang saya rencanakan,” ujar Presiden Jokowi, Sabtu (20/12/2014) akhir pekan kemarin.

Presiden Jokowi meresmikan bendungan didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono dan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp. 710 miliar untuk membangun waduk ini. Sementara Pemerintah setempat menyiapkan lahan seluas 194 hektare, termasuk lahan Kementerian Kehutanan.

Jokowi menegaskan, pembangunan bendungan dan waduk amat penting bagi rakyat Indonesia, terutama untuk masyarakat NTT. Pembangunan bendungan diharapkan segera menggerakkan perekonomian masyarakat setempat.

“Bendungan amat penting untuk air minum, air untuk untuk ternak, dan untuk sawah. Perlu juga untuk pariwisata dan listrik. Makanya harus kita bangun,” tandasnya.

Bendungan ini ditargetkan sanggup menampung 14,9 juta meter kubik air. Air tersebut diharapkan mampu mengairi 1.250 hektar (Ha) sawah.

Stok air juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dasar air bersih bagi 100.000 kepala keluarga di empat desa. Terlebih kawasan ini sering mengalami krisis air pada musim kemarau.

Raknamo juga direncanakan mampu menghasilkan listrik dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berdaya 0,216 Megawatt. (adi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.