26 C
Jakarta
5 December 2021
spot_img

Latest Posts

Pelajar Belanda Deklarasikan Dukungan ke Jokowi-JK

TEMPO.CO, Jakarta – Barisan pendukung calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla terus bertambah. Kali ini dukungan datang dari Gugusan Pelajar, Mahasiswa, dan Alumni Universitas di Belanda. “Kami secara kolektif mendukung serta mendorong masyarakat Indonesia memilih Jokowi-JK,” kata Azwar Hasan, salah satu perwakilan pelajar, melalui siaran pers yang diterima Tempo, Selasa, 1 Juli 2014. (Baca: Lagi, Selebaran Bermuatan SARA Serang Jokowi)

Alumnus Leiden University itu mengatakan dukungan kepada pasangan nomor urut dua itu dideklarasikan atas dasar pertimbangan bahwa keduanya bisa membangun kehidupan bernegara yang beradab. Selain itu, Jokowi-JK juga dianggap bisa memperkuat nilai Pancasila serta merawat semangat reformasi. Menurut Azwar, para pelajar Belanda berkeyakinan bahwa pasangan yang diusung poros Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

“Kami mendukung calon presiden yang tidak terindikasi sebagai pelaku pelanggaran HAM (hak asasi manusia),” katanya tanpa menyebut nama tertentu. Azwar mengatakan para pelajar yang mengenyam pendidikan di Belanda merasa memiliki tanggung jawab secara moral agar mendukung Jokowi yang dinilai sebagai sosok yang demokratis dan cinta perdamaian.

Sedangkan menurut Ratna Yunita, alumnus The Hague University, dukungan terhadap Jokowi-JK dideklarasikan karena keduanya dianggap telah memberi bukti selama menjadi pemimpin. Bukti itu, kata dia, terlihat dari komitmen pada penegakan hukum, perlindungan kepada kelompok minoritas, perempuan, anak, serta kelompok difabel. “Kami mendukung calon presiden yang telah terbukti berkomitmen pada penegakan hukum berkeadilan,” katanya.

Adapun ihwal pelaksanaan kampanye saat ini, Ratna beserta pelajar dari Belanda mengutarakan kecaman terhadap pihak-pihak yang dianggap melakukan kampanye gelap. Apalagi saat ini banyak serangan berupa fitnah, berita bohong, serta informasi lain yang mengandung unsur kebencian dan kedengkian terhadap Jokowi. “Pelaksanaan pemilu harus berlangsung jujur dan adil,” ujarnya.

Dia pun berharap para pelajar yang menetap di Belanda atau yang sudah kembali ke Tanah Air tidak golput pada 9 Juli 2014. Menurut dia, penggunaan hak bersuara pada 9 Juli mendatang semata-mata demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik. “Kami akan menggunakan hak suara kami pada pemilu presiden demi terwujudnya Indonesia yang lebih baik,” kata Ratna.

http://pemilu.tempo.co/read/news/2014/07/02/269589854/Pelajar-Belanda-Deklarasikan-Dukungan-ke-Jokowi-JK

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.