25.9 C
Jakarta
20 January 2022
spot_img

Latest Posts

Ketua Umum Seknas JOKOWI, M.Yamin ikut mendampingi Jokowi ke Papua

JAKARTA – Ketua Umum Seknas JOKOWI, Muhammad Yamin ikut mendampingi Jokowi ke Papua bersama beberapa relawan dari Projo, Jasmev, Bara JP dan Pospera berangkat dari bandara Perdana Halim Kusuma Sabtu, 27 Desember 2014 pukul 06.30 WIB. Salah satu agenda kunjungan adalah dialog dengan relawan yang dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Jayapura.

Agenda 3 hari kunjungan kerja ini meliputi peletakan batu pertama pembangunan pasar Mama-mama Phara Sentani Jayapura, berkunjung ke Pondok Pesantren Al Hidayah, bertemu dengan tokoh adat dan relawan Papua dan Papua Barat, meninjau jembatan holtekamp di Sky Land Jayapura, bertemu tokoh adat dan masyarakat Wamena, meninjau pembangunan pasat Rufei dan Terminal C, meninjau pelabuhan Sorong dan meninjau Pasar Remu.

Sekretaris Daerah Papua Heri Dosinaen mengatakan, sejumlah menteri sudah melakukan rapat koordinasi dengan unsur pimpinan di Papua terkait dengan kedatangan Jokowi. Menurut Heri, selain Jokowi dan anggota kabinetnya, ada 400 ribu undangan yang akan hadir di acara Natal Nasional 2014 Stadion Mandala Jayapura.

Selain itu, kata Heri, Jokowi akan menghadiri pertemuan dengan sejumla tokoh masyarakat di Kampus Universitas Cenderawasih, setelah itu dijadwalkan melakukan pertemuan dengan relawan di Gedung Olahraga Waringin Kotaraja. Di Jayapura, Jokowi akan mengunjungi proyek pembangunan Jembatan Holtekamp dan beberapa pasar tradisional. (sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/12/27/078631180/Hari-Ini-Jokowi-Blusukan-ke-Papua )

Tak seperti kunjungan pejabat pada biasanya, warga Papua, khususnya di Wamena, tak menyambut Jokowi dengan ritual adat bakar batu. Kepada Tempo beberapa waktu lalu, Ketua Barisan Relawan Jokowi for Presiden di Papua, Yakoba Lokbere, mengatakan upacara bakar batu ditiadakan karena kegiatan Jokowi cukup padat. Selain itu, “Cuaca kini cepat berubah, terutama di wilayah pegunungan Papua,” katanya.

Ritual bakar batu adalah pesta untuk menggambarkan rasa syukur, damai, dan penyambutan tamu agung. Dalam acara ini, penduduk setempat akan memasak beragam makanan dengan cara unik, yakni menimbunnya dengan batu yang dibakar hingga panas. Proses bakar batu biasanya dilakukan dalam beberapa tahap, yakni persiapan, membakar bahan makanan berupa umbi-umbian dan daging, serta makan bersama.

Meski tak ada pesta bakar batu, Yakoba berharap kedatangan Jokowi dapat disambut dengan kegembiraan. Apalagi, kata dia, kemenangan Jokowi menjadi presiden didukung oleh barisan relawan dan masyarakat Papua secara keseluruhan. (sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/12/27/078631186/Jokowi-ke-Papua-Tak-Ada-Ritual-Bakar-Batu )

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.