27.4 C
Jakarta
16 January 2022
spot_img

Latest Posts

Kebakaran Hutan Riau, Menteri Siti Nurbaya ‘Sentil’ LSM Asing

JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbayamelakukan blusukan atau kunjungan ke Riau guna memantau dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi di provinsi Sumatera tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri yang juga politisi Nasdem itu mengkritik sikap lembaga swadaya asing yang ia nilai kerap menggemborkan upaya penanggulangan kebakaran dengan maksud tertentu.

“Kasus kebakaran hutan di Riau jangan ada diboncengi kepentingan negara Asing,” tegas Siti di Media Center Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Selasa (18/11/2014).

Siti Nurbaya yang didampingi Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Komandan Resor Militer Wirabima/031 Brigjen TNI Prihadi Agur Irianto, Komandan Lanud Letkol Pnb Khairil Lubis menilai LSM asing yang hanya bisa berkicau namun tidak memberi bantuan terhadap musibah lingkungan. Ia juga mengaku khawatir masyarakat jadi korban dari modus kepentingan asing.

“Dalam menyelesaikan kasus kebakaran lahan di Riau, kita menggandeng semua pihak termasuk di luar struktur pemerintah. Niat mereka (LSM) untuk bersama membenahi kita lihat dan kita pantau bersama. Jangan ada kepentingan asing dalam masalah ini,” tegas Siti.

“Mari kita saksikan bersama, ilmu mereka seperti apa. Kita perhatikan langkah mereka. Kalau ada hal-hal di balik itu (kepentingan asing), kita tetap akan menyelematkan aset nasional,” imbuh Siti.

Menurut dia, nasionalis dan pancasila sebagai kedaulatan harus terpatri dalam anak bangsa Indonesia. Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) sebagai aset nasional harus punya tekad bersama untuk kepentingan nasional.

Namun kata Siti, bukan berarti warga Indonesia berpandangan negatif terhadap LSM asing. Dia menegaskan kepada warga untuk bersikap waspada.

“Saya juga punya pemikiran yang sama soal itu (kepentingan asing). Namun kita jangan negatif dulu menilainya. Kita lihat bersama, kita bentang bersama, kalau kita tahu dan bisa kita baca hal-hal dibalik itu, kita pasti akan menyelamatkan aset nasional,” ungkap Siti.

Dalam kunjungan tersebut, Siti Nurbaya didampingi beberapa petinggi Polri mendatangi Riau untuk memantau hutan di Riau yang terbakar. Dengan menggunakan helikopter dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Siti menuju Kabupaten Meranti, tempat PT National Sago Prima beraktifitas. (Riz/Nan)

http://news.liputan6.com/read/2136050/kebakaran-hutan-riau-menteri-siti-nurbaya-sentil-lsm-asing

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.