25.6 C
Jakarta
17 January 2022
spot_img

Latest Posts

Kartu Indonesia Sehat, Prioritas Jangka Pendek Menkes Nila

JAKARTA –  Senin 3 November 2014 mendatang, Kartu Indonesia Sehat (KIS) resmi diluncurkan. Nah, KIS ini menjadi prioritas jangka pendek Menteri Kesehatan Prof dr Nila Moeloek, SpM(K). Untuk program lainnya masih harus disesuaikan dengan visi dan misi Presiden Jokowi.

“KIS itu dulu ya. Untuk program yang lain nanti kami di Kementerian Kesehatan kan harus menyesuaikan dengan visi misinya Pak Presiden,” ujar Menkes menjawab pertanyaandetikHealth di sela-sela kunjungannya ke Yogyakarta pada Jumat dan ditulis Sabtu (1/11/2014).

Soal KIS, Nila mengatakan dengan adanya KIS, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan tetap ada. Sebab KIS hanyalah nama kartu. Karena akan terbit pada Senin 3 November, Menkes mengakui pihaknya dan kementerian terkait harus kerja keras.

KIS merupakan salah satu produk Program Keluarga Produktif. Dengan KIS, tidak cuma pengobatan saja yang menjadi fokus. Sebab pemegang KIS nantinya akan mendapatkan informasi tambahan saat dirinya berobat. Jadi jika JKN sebelumnya lebih fokus kepada usaha kuratif, kini dengan KIS usaha promotif dan preventif akan masuk dalam program.

Lalu bagaimana Menkes akan berinteraksi dengan masyarakat yang masih memiliki keluhan pelayanan kesehatan, pun terkait pelaksanaan KIS nantinya? “Kita di Kemenkes ada crisis center, itu kementerian (yang mengelola). Kalau saya suruh jawab sendiri kasihan deh, nanti saya nggak ngerjain yang lain,” ucap Nila.
http://health.detik.com/read/2014/11/01/080708/2736102/763/kartu-indonesia-sehat-prioritas-jangka-pendek-menkes-nila

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.