25.2 C
Jakarta
8 December 2021
spot_img

Latest Posts

Jokowi Tinjau Pengerukan Waduk Marunda

Jakarta – Gubernur DKI jakarta, Joko Widodo, meninjau pengerjaan Waduk Marunda, di Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (6/8/2014). Waduk tersebut saat ini sedang dalam tahap pengerukan awal.

Jokowi pun menargetkan pengerukan Waduk pada area seluas 56 hektar selesai pada akhir 2014. Sedangkan pembangunan fasilitas umum, termasuk taman akan dimulai pada awal 2015.

“Akhir tahun rampung ini. Nanti awal 2015, pinggirnya akan dibuat taman, sama taman bermain untuk anak-anak. Ruang terbuka hijaunya,” ujar Jokowi.

Presiden terpilih 2014-2019 ini melanjutkan bahwa semua pembebasan lahan sudah selesai. Namun, proses pembayaran belum 100 persen.

“Sekitar 5-6 hektar masih dalam proses, tapi tinggal pelunasan saja. Itu masih butuhkan dana APBD sebesar Rp. 65 miliar. Agustus-September ini mulai dibayar. Anggaran masih kurang. Nanti akan ditambah di APBD Perubahan,” sambung suami Iriana Widodo ini.

Sementara itu, pantauan di lokasi menunjukkan proses pengerukan saat ini baru seluas sekitar 15 hektar. Rencananya, dari 56 hektar lahan, sebanyak 51 hektar akan dikeruk untuk waduk penampung air. Sedangkan 5 hektar sisanya untuk ruang terbuka hijau dan sarana pengendalian banjir.

Keberadaan waduk ini nantinya diharapkan sanggup mengurangi dampak banjir tahunan dan siklus banjir besar Jakarta. Waduk ini utamanya akan mengatasi banjir pada wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara. (Wayan Adi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.