26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

Jokowi Kembali Blusukan Dari Monas ke Waduk Ria Rio

JAKARTA- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo siang ini mengecek kondisi jalanan sekitar Monumen Nasional (Monas) yang pada masa liburan selalu dipenuhi pedagang kaki lima (PKL). Rombongan Jokowi keluar dari rumah di Jl Sawo No 32, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (2/8/2014) sekitar pukul 10.40 WIB.

Jokowi pergi menggunakan mobil Toyota Innova berwarna putih. Setibanya di Monas, Jokowi mengelilingi kawasan wisata yang banyak diserbu wisatawan. Tampak kondisi sekitar Monas rapi dan beberapa mobil Dishub berjejer rapi tepat di pintu masuk Monas. Hampir tidak terihat mobil yang terparkir liar di sekitaran itu.

Usai mengitari Monas, Jokowi meninjau kawasan Waduk Ria Rio, Jakarta Timur. Jokowi pun terpukau dan tak henti-hentinya melontarkan decak kagum. “Pohonnya gemuk-gemuk, senang saya,” ujar Jokowi kepada wartawan di taman Waduk Ria Rio.

“4 bulan nggak ke sini. 4 bulan nggak dilihat sudah kelihatan. Daun sudah keluar sudah hijau, tapi perawatan harus diperbaiki. Organisasinya belum ada,” imbuhnya. Jokowi menuturkan, lokasi ini masih perlu sentuhan lagi agar tampil lebih ‘cantik’.

Jokowi juga cukup menyayangkan waduk yang telah didandaninya ini masih mengeluarkan bau tidak sedap. “Bagus tapi bau lagi kalau airnya ngga di-treatment. Pasti ada limbah masuk,” kata pria yang mengenakan kemeja putih kebangaannya ini.

Selain itu, Jokowi juga berniat menyempurnakan proyek waduk ini. “Ini barang kalau digarap bagus banget. Sekarang kan sudah cantik ada hijauan gini,” pungkas Jokowi yang ditemani sang istri dan puterinya, Kahyang Ayu.

Untuk itu, usai lebaran pemukiman liar yang masih berada di sekitar kawasan ini akan dipindahkan ke rumah susun (rusun). “Yang di sana (rumah liar) pindah lagi abis lebaran. Rusun yang sudah siap di Muara Baru, Daan Mogot dan Cibesel,” ujar Jokowi.

Demi menjaga kebersihan waduk ini, Jokowi juga meminta ajudannya untuk memanggil anggota dinas pertamanan membersihkan rumput-rumput liar. “Diingatin saja besok suruh ngerahin bersihin sikat pertamanan. Besok suruh ngedrop orang bersihin rumput-rumput liar biar kelihatan terpelihara,” pintanya.

Kendala Eceng Gondok
Menurut Jokowi, ruang terbuka memang diperlukan di tengah kota seperti Jakarta ini. Jokowi mengaku menemukan hambatan dalam menjaga waduk bebas dari tanaman eceng gondok. Jokowi pun berencana akan memasukkan ikan-ikan ke dalam waduk untuk bersihkan eceng gondok.

“Bersihkan dulu (waduknya) baru ikan masuk. Dia bersihkan benih-benihnya eceng gondok,” ujar pria asal Solo ini saat berbincang santai dengan pewarta di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur.

Terdapat beberapa cara untuk membersihkan eceng gondok dari waduk, salah satunya dengan memasukkan cairan zat kimia. Namun Gubernur DKI Jakarta ini menolak cara tersebut karena dapat merusak habitat sekitar.

“Saya nggak boleh campurin pakai jamika (cairan zat kimia untuk mematikan eceng gondok),” tegasnya.

Menurut Jokowi jika kawasan waduk tersebut tertata dengan rapi, maka burung-burung akan gemar hinggap di sana. “Bersih burung pasti datang,” pungkasnya. (Ananta)

 

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.