27.1 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

JK: Laporan Pajak Bukan Data Rahasia

JAKARTA – Calon wakil presiden  Jusuf Kalla mengatakan data pajak seharusnya bukan data rahasia, apalagi bagi pejabat atau penyelenggara negara. Oleh sebab itu, penyelenggara negara harus siap setiap saat untuk membeberkan data laporan pajak.

“Kenapa mesti dibuka? Pajak itu (data) terbuka. Kalau mau, bilang saja, tanya aja, nanti saya kasih laporan pajak selama 20 tahun terakhir. Saya tiap tahun dapat penghargaan pembayar pajak terbaik di Makassar,” kata JK, usai menjalani verifikasi dan klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta, Kamis (26/6/2014).

Ketua Palang Merah Indonesia ini menambahkan seorang pejabat yang bersih, jujur, dan berintegritas serta taat pada aturan yang berlaku tidak akan pernah merahasiakan laporan pajaknya. Dia pun mengaku penambahan harta kekayaannya selama ini, hampir seluruhnya karena hasil usaha. Tidak ada penambahan harta yang signifikan karena menjadi pejabat negara.

Ketua Dewan Masjid ini sendiri, menghabiskan waktu lebih dari 2,5 jam dalam proses verifikasi dan klarifikasi harta kekayaan di KPK. Hasil klarifikasi harta kekayaan ini akan diumumkan oleh KPU pada 1 Juli 2014 bersama  capres-cawapres lainnya.

KPK Apresiasi

Sementara itu, pimpinan KPK mengapresiasi sikap cawapres dari Jokowi ini untuk tidak merahasiakan laporan pajaknya. Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, mengatakan laporan pajak bisa menjadi salah satu tolok ukur penting dari intergritas Penyelenggara negara.

“Sikap yang dikemukakan Pak JK sangat menarik. Karena transparansi pajak ini bisa menjadi ukuran untuk mengkongkritkan nilai integritas,” ujar Bambang di Gedung KPK, Kamis (26/6/2014).

Bambang pun berharap para pejabat negara yang lain memiliki jiwa besar yang sama seperti JK. Para Penyelenggara Negara diharapkan tidak berusaha untuk menutupi atau merahasiakan laporan pajaknya.(Wayan Adi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.