26.4 C
Jakarta
16 October 2021
spot_img

Latest Posts

Investasi China

By : Anonymous

IMF memberikan pinjaman kepada Pakistan USD 3,4 miliar. China memberikan bantun direct investment ( B2B) sebesar USD 17,8 miliar. Bangladesh mendapat pinjaman dari IMF sebesar USD 0,7 miliar. Direct investment China sebesar USD 3,8 miliar. Kehadiran China di dua negara ini sangat besar memberikan kesempatan mereka menikmati pertumbuhan dan mensejahterakan rakyat yang mayoritas muslim. Karena mereka tidak memungut riba seperti IMF tapi bagi hasil. Negar negara Arab mendapakan kucuran investasi china mencapai USD 60 miliar dollar atau hampir tiga kali lipat dari Indonesia yang USD 25 miliar.

Di Mesir, melalui The China Fortune Land Development Company (CFLD melakukan direct investment dengan komitmen USD 45 miliar untuk membangun ibu kota baru. Turki mengizinkan Bank of China membuka cabang agar memberi kesempatan china seluas mungkin melakukan investasi di Turkey. Perdagangan China- Turkey terus meningkat sejak tahun 2013, Tahun depan Turkey berambisi mencapai USD 100 miliar perdangan dengan China.

Data dari Derek Scissors, yang di publish oleh The China Global Investment Tracker (CGIT) yang berjudul “The Double-Edged Sword of China’s Global Investment Success. Ekspansi China dalam berinvestasi ke luar negeri sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2014 mencapai USD 683 millar atau kurang lebih kalau di rupiahkan Rp. 8000 triliun atau mendekati dua kali dari GNP kita. Negara terbesar yang menerima kucuran dana dari China adalah Amerika yang mencapai USD 99,8 Miliar ,kemudian Australia sebesar USD 78,7 miliar. Canada USD 43,5 Miliar. Inggeris mendapat kucuran dana sebesar USD 31,3 miliar. Rusia USD 24,5 miliar, Francis USD 15 miliar,Kazakhstan USD 17,9 Miliar. Jumlah ini terus bertambah sampai dengan sekarang.

Ketika teman saya bertemu dengan pejabat China di Beijing , dia mengatakan bahwa China belajar dari kegagalan Amerika dan Jepang dalam mengelola ekonomi. Cara China adalah fokus kepada pengembangan regional melalui investasi di bidang infrastruktur agar pasar regional seperti Asia facific terkhusus ASEAN ,Afrika Asia Tengah dapat tumbuh sebagai mitra sejajar.Itu sebabnya China menghindari pinjaman langsung yang bisa berbelok menimbulkan pasar uang bubble dan korupsi tapi melalui proyek B2B. Kalaupun ada yang langsung itupun hanya sebatas pasar modal dan obligasi melalui aksi China Investment Corporation. yang volumenya terbatas dan terukur untuk investment grade yang likuid sepeti T bill.

Jadi kalau China berambisi untuk menanamkan uangnya di Indonesia, itu memang murni bisnis, tidak ada kaitannya dengan politik.Mereka lakukan itu untuk kepentingan
stabilitas mata uangnya agar produksinya bisa bersaing dan di serap pasar. Kalau kita paranoid maka negara lain akan memanfaatkannya,dan yang sangat rakus adalah negara kapitalis karena mereka sadar apa yang dilakukan China untuk ber investasi tak lain akibat dari konsekuensinya menerima kapitalisme.Bahwa hukumnya:, kaya sendirian akan jatuh dengan sendirinya namun berbagi akan menjamin pertumbuhan berkelanjutan. Mari cerdas melihat fenomena ekonomi global,ya sayang kesempatan baik dibiarkan berlalu.

Entahlah mengapa di Indonesia kehadiran investasi China di sikapi paranoid. Padahal perlakuan terhadap China dan negara lain sama dimana harus tunduk dengan UU PMA. Kalau stigma China adalah komunis anti Tuhan mengapa di negara yang mayoritas Negara Islam keberadaan investasi China dianggap berkah. Kalau tidak bisa membantu negeri ini sebaiknya jangan menebarkan pemikiran mundur. Kalau tidak ingin kemajuan, jangan ajak orang lain mundur.atau bagaikan katak dalam tempurung saja (Redaksi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.