29.2 C
Jakarta
16 January 2022
spot_img

Latest Posts

Indonesia Segera Punya Tentara Cyber

Jakarta – Indonesia sepertinya akan segera punya tentara cyber. Pemerintah kini sedang menyiapkan pembentukan Badan Cyber Nasional (BCN).

“Sekarang ini boleh dikatakan dari sisi cyber, kita ini rentan, hanya untuk bertahan. Kalau di negara lain bukan hanya untuk bertahan, bahkan untuk menyerang,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, dalam keterangan tertulis, Rabu (7/1/2015).

Menurut Rudiantara pengawasan terhadap masalah cyber nasional selama ini masih dalam bentuk desk atau kantor dan sifatnya belum koordinatif. Sehingga, sejumlah menteri mengusulkan pembentukan BCN. BCN diharapkan mampu menjawab kebutuhan negara dalam mennindaklanjuti dan mengendalikan isu cyber.

Rudiantara bersama Menko Polhukam Tedjo Edy Purdijatno dan Menteri Pertahanan Ryarmirzad Ryacudu pun mengggelar rapat terbatas bersama Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/1/2014).

Menko Polhukam Tedjo Edhy menambahkan bahwa salah satu fungsi utama BCN nantinya adalah mengkoordinir semua aset pertahanan terhadap serangan cyber. Sebab, selama ini belum ada koordinasi secara nasional untuk isu-isu terkait teknologi informasi.

“Kominfo punya pengaman sendiri, bank punya sendiri, PLN punya sendiri, tapi secara nasional itu belum ada. Badan ini akan memagari seluruhnya, bekerja dengan terintegrasi,” ujar Tedjo.

Baik Rudiantara maupun Tedjo belum memastikan dimana posisi BCN nantinya, apakah dibawah Menkominfo, Menhan, Menkopolhukam atau di bawah Presiden langsung. Pembahasan saat ini masih sebatas fungsi utama BCN. (Adi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.