27 C
Jakarta
18 January 2022
spot_img

Latest Posts

Ikmaluddin, Jalan Kaki Temui Jokowi

JAKARTA- Tekad Ikmaluddin (37) untuk menemui langsung capres dari PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) akhirnya terpenuhi. Koordinator Forum masyarakat Pengguran Indonesia (Formapi) ini berhasil bertemu Jokowi bersamaan dengan pendaftaran pasangan Jokowi-Jusuf Kalla di gedung KPU, Jakata pada 19 Mei 2014.

Meski hanya bersalaman, Ikmaluddin bersama empat rekannya sudah senang bisa memenuhi nadarnya untuk bertemu dengan capres pujaan hatinya. Jauh-jauh perjalanannya dari Ambarawa, Jawa Tengah ke Jakarta tidaklah sia-sia. Setelah menapaki jalan raya dengan berjalan kaki sepanjang ratusan kilometer, akhirnya sampai juga ke ibukota Jakarta, rasa lelah dan letih sepertinya hilang begitu saja.

Perjalanan Ikmaludin dkk dimulai dari kota Ambarawa pada 8 Mei 2014 lalu. Ikmal ditemani Triman (25) serta Ahmad Razofa (18), warga Bawen. Mereka tergabung dalam Komunitas Pemuda Indonesia Relawan Jokowi (Kopi Rejo) Jateng dan saat melakukan aksi tersebut didampingi, Bagus Tanoto dan Sitol Mulyono.

Selama perjalanan, di tegah terik matahari dan guyuran hujan, mereka mendapat sambutan yang hagatdari masyarakat. Ada yang memekikan teriakan :”hidup Jokowi” dan menyampaikan salam untuk capres yang dikenal santun dan sederhana itu. “Kendalanya cape, kepanasan, tapi karena banyak orang yang mengelukan kami, rasa cape panas itu pun hilang. Bahkan banyak sekali orang yang menariknya untuk makan minum di warung gak mau dibayar, banyak yang bersimpatik,” ujar Ikmal.

Tidak hanya warga yang mengelukan kedatangan Ikmal dkk, pengurus partai juga menyambutnya seperti di Kota Tegal dan Kendal. Di Kota Tegal, mereka dijamu oleh Ketua DPC PDIP Kota Tegal, Ikmal Jaya dan Sekretarisnya, Edi Suripno, serta mempersilakan untuk istirahat di Kantor DPC PDIP Kota Tegal pada 17 Mei 2014.

Sepanjang perjalanan mereka berjalan kaki, warga pun banyak yang membubuhkan tanda tangan di kain putih yang dibawa mereka untuk menggalang dukungan buat Jokowi. “Hingga terakhir di Jakarta, kami sudah mengumpulkan sekitar 6.730 tandatangan dukungan Jokowi menjadi presiden,” ujar Ikmaluddin disela-sela acara Rakor Seknas Jokowi Se-Jawa yang digelar di Jakarta, pekan lalu.

Beruntungnya selama perjalan yang melelahkan itu, Ikmal mengaku tidak pernah mengalami rasa sakit. Padahal ia mulai berjalan pagi hingga larut malam, dan tidur di tempat yang disinggahinya saja. “Saya bersyukur Alloh memberi kami kekuatan untuk terus melanjutkan perjalanan hingga sampe ke Jakarta,” ujarnya. Ia mengaku perjalanannya hanya sampai Karawang, karena pasangan Jokowi-Kalla mendaftar ke KPU pada 19 Mei 2014, sehingga ia terpaksa menghentikan perjalanan untuk menemui capre-cawapres itu.

Dari perjalanan tersebut, Ikmal merasakan bahwa pendukung Jokowi ditingkat akar rumput sangat besar. Sikap kepemimpinan Jokowi yang sudah diperlihatkan selama menjadi Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta, lanjut Ikmal, yang menyebabkan Jokowi disukai rakyat. “Ia mampu menyelami masalah masyarakat, salah satu buktinya dalam penataan PKL yang bisa diselesaikan tanpa gejolak. Ia mampu menjadi pelayan masyarakat, Jokowi menjadi pemimpin yang sesungguhnya,” tuturnya.

Ikmal pun sangat yakin Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang mau menjadi pelayan masyarakat. Sebab sangat jarang, ditemui sosok pemimpin yang sekaligus pelayan masyarakat yang ada selama ini hanya pencitraan. “Kami mendorong PDIP dan parpol lain yang bekerjasama untuk terus berjuang memenangkan Jokowi. Target kemenangan Jokowi harus satu putaran,” tegas pria yang berprofesi wiraswasta ini.

Tujuannya melakukan perjalanan panjang degan berjalan kaki ke Jakarta pun, menurut Ikmal untuk menggugah semangat teman-teman relawan pendukung Jokowi. “Saya yakin dengan kerja keras kita semua, para relawan dan struktur partai pendukung, Jokowi akan memenankan pertarungan Pilpres ini dengan telak,” ujar bapak 16 anak angkat ini. Ia pun mengajak para relawan lain untuk tetap bersatu dan besemangat. (Ananta)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.