26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

Deadline Pengiriman Lomba Menulis Kisah Relawan Jokowi-JK Diundur

Jakarta- Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi masih memberi kesempatan kepada para relawan pendukung pasangan capres-cawapres terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk mengikuti lomba menulis kisah relawan Jokowi-JK dengan tema “Mengisahkan suka duka proses partisipasi relawan untuk kemenangan Jokowi-JK”. Pengiriman kisah pribadi relawan dalam memenangkan Jokowi-JK ini diundur hingga 30 Agustus 2014 nanti, serta disediakan hadiah menarik bagi para pemenangnya.

“Lomba ini merupakan upaya mendokumentasikan kisah-kisah relawan yang tersebar di berbagai pelosok nusantara hingga ke luar negeri, yang tentu sangat berharga sebagai bagian dari sejarah perubahan politik Indonesia,” ujar Ketua Seknas Jokowi, Muhammad Yamin SH. Tujuan yang lain dari lomba ini, lanjutnya, adalah mendorong seluas-luasnya partisipasi warga dan memberikan penghargaan terhadap segenap kerja keras mereka, serta untuk menyalakan semangat kerelawanan dan partisipasi masyarakat sebagai modal bagi kemajuan bangsa dan negara kita tercinta.

Bagi Seknas Jokowi, antusiasme masyarakat terhadap Pemilihan Presiden 2014 membawa iklim segar demokrasi di Indonesia. Bukan hanya kehadiran di bilik suara yang meningkat secara signifikan, melainkan juga partisipasi dalam kampanye hingga proses pengawalan suara. Gotong-royong, suka rela, semangat partisipasi menjadi virus baru yang menjalar ke seluruh Indonesia.

“Kata relawan sontak menjadi sebutan yang populer sekaligus membanggakan. Sebutan ini mengacu pada para pendukung Jokowi-JK yang dengan suka rela bekerja keras untuk memenangkan Jokowi-JK. Mereka datang dari berbagai latar belakang profesi dan pekerjaan, tersebar di seluruh Indonesia hingga di luar negeri, yang dipersatukan dalam satu semangat untuk mengantarkan Jokowi-JK sebagai pemimpin Indonesia,” ujar M. Yamin.

Banyak sekali kisah suka duka para relawan. Ada Harry Van Yogya yang bersama rekannya sesama tukang becak asal Yogyakarta yang menggenjot becak dari 0 kilometer Yogyakarta hingga Jakarta demi menggalang dana mendukung Jokowi-JK. Ada sekelompok relawan yang patungan membuat listrik mandiri untuk 155 KK di desa Margaluyu, Cipeundeuy, Bandung Barat. Mereka mengatakan bahwa upaya tersebut terinspirasi Jokowi yang selalu bekerja nyata dan tak lelah mengajak masyarakat menggulung lengan baju demi kemajuan Indonesia.

Banyak juga pekerja seni dan anak-anak muda yang membuat karya-karya film, lagu, animasi, komik, mencetak aneka kaos dan poster. Ada kekompok buruh migran di Hongkong gigih membuat pertemuan-pertemuan demi mengkampanyekan Jokowi-JK. Ada banyak pekerja profesional hingga sopir taksi, sopir bajaj, tukang ojek aktif menggalang dukungan di komunitasnya. Ada ibu-ibu bikin kegiatan kreatif di lingkungannya demi Jokowi-JK.

Jokowi dan Jusuf Kalla dalam berbagai kesempatan juga mengungkapkan bahwa kekuatan relawan sangat lah penting dalam proses kemenangan mereka dalam pilpres 2014. Semangat kerelawanan ini merupakan modal sosial yang sangat berharga, yang harus terus dirawat dan ditumbuhkan. (Ananta)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.