26.3 C
Jakarta
1 December 2021
spot_img

Latest Posts

Berseragam Nazi, Ahmad Dhani dinilai permalukan bangsa

Berseragam Nazi, Ahmad Dhani dinilai permalukan bangsa

baju dhani. ©2014 merdeka.com/istimewa

Jakarta – Ahmad Dhani kembali memunculkan kontroversi. Media Jerman, Der Spiegel, menyoroti pakaian Dhani yang mirip seragam pemimpin Schutzstaffel (SS) Heinrich Luitpold Himmler dalam video klip “Indonesia Bangkit”. Selain itu, dia juga menggubah lagu ‘Indonesia Bangkit’ yang nada-nadanya didasarkan pada lagu ‘We Will Rock You’ yang dipopulerkan band legendaris Queen.
Der Spiegel menulis bahwa jaket seragam berwarna hitam yang dipakai Ahmad Dhani menyerupai seragam milik Heinrich Himmler, yang merupakan orang kepercayaan pemimpin Nazi Adolf Hitler.

“Dhani memakai lencana pada kerah dan lencana merah pada bagian saku kanan yang sama (dengan seragam Himmler),” tulis Der Spiegel, Selasa (24/6).

Selain itu, majalah asing tersebut juga menyinggung soal adanya kafe bertema Nazi di Bandung. Dituliskan bahwa pelayan kafe tersebut memakai seragam Nazi saat melayani pengunjung.

Menurut Wikipedia, Himmler adalah komandan SS Jerman dan salah satu tokoh yang paling berpengaruh di Jerman saat era Nazi. Dia juga menjadi organisator utama Holocaust.

Sebagai pendiri dan opsir yang bertugas di kamp konsentrasi Nazi dan regu kematian Einsatzgruppen, Himmler bertanggung jawab kematian 6-12 juta jiwa. Korban-korbannya ialah orang Yahudi, Slavia, Kristen, Gipsi, homoseksual, komunis, liberal, Freemason, Saksi Yehovah, bangsa kulit hitam dan orang dari banyak bangsa lain.

Selain bersosok Nazi, Dhani juga menggubah lagu ‘Indonesia Bangkit’ yang nada-nadanya didasarkan pada lagu ‘We Will Rock You’ yang dipopulerkan band legendaris Queen. Masalahnya, Dhani belum meminta izin kepada Queen untuk memakai lagu tersebut sebagai lagu kampanye.

“Ahmad Dhani skinhead imagery (youtube) of course this is completely unauthorised by us. Bri,” kicau Brian May dalam akun twitternya @DrBrianMay seperti yang dikutip detikcom, Rabu (25/6).

Akun Brian sudah terverifikasi oleh twitter. Ada tanda check list di profil akunnya. Akun ini memiliki 186 ribu follower.

Kicauan Brian ini ramai di-retweet, salah satunya oleh Daniel Ziv, pria Kanada pembuat film ‘Jalanan’.

Kelakuan Dhani tersebut banyak memperoleh kecaman. Glenn Fredly, musisi, mengungkapkan kekecewaannya melalui akun Twitter-nya, @GlennFredly. “Sy KECEWA dgn cara @AHMADDHANIPRAST sesama musisi harusnya beri edukasi politik yg cerdas! Bukan jd permalukan bangsa sendiri di mata dunia,” kicau Glen.

Dia menambahkan, “Anda @AHMADDHANIPRAST JANGAN BICARA anda menghormati Gus Dur, bila simbol Fasis NAZI anda pakai untuk berkampanye! ini Negara PANCASILA!” Glenn juga menulis, “Bila anda @AHMADDHANIPRAST ingin pergunakan momentum Pilpres ini utk mendapat perhatian, anda berhasil! Berhasil permalukan diri anda sendiri.”

Hal senada juga dilakukan oleh Anggun C. Sasmi. Penyanyi ini mengungkapkan kekecewaannya melalui beberapa twit. “Kaget, kecewa, malu dan sedih melihat headline di portal berita Jerman, Spiegel, ada foto @AHMADDHANIPRAST memakai seragam Heinrich Himmler yang adalah leading member Nazi!. Jutaan orang dibunuh secara kejam oleh mereka hanya karena mereka berbeda agama, ras dan visi. Memakai seragam org kepercayaan Hitler adalah mengenang kekejaman yang mencoreng muka dunia dan menggubris kepedihan keluarga jutaan korban. Aku berdoa semoga Indonesia tidak jatuh ke fasisme! ( linknya di sini ).”

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.