25.2 C
Jakarta
8 December 2021
spot_img

Latest Posts

Banyak C1 Janggal, Tim Jokowi-JK: Itu Kejahatan Demokrasi

Jakarta – Terdapat kejanggalan di sejumlah formulir C1 yang diunggah ke situs resmi KPU. Sejumlah temuan janggal diduga menguntungkan pasangan capres nomor urut satu. Jika terbukti ada manipulasi, Tim Jokowi-JK minta penyelenggara pemilu bertindak tegas.

“Mengingat KPU lahir sejalan dengan semangat reformasi, maka Jokowi-JK yakin bahwa KPU akan menjaga penuh seluruh integritas dan transparansi dalam rekapitulasi. Demikian halnya Bawaslu dan DKPP, akan terus mendorong pemilu yang benar-benar demokratis, dan jurdil, khususnya di dalam melindungi setiap suara rakyat,” kata Jubir Jokowi-JK, Hasto Kristiyanto, saat berbincang, Senin (14/7/2014).

Meski percaya, namun Tim Jokowi-JK juga akan bergerak melakukan pemantauan. Relawan akan dikerahkan untuk melindungi suara rakyat.

“Untuk melindungi suara rakyat dari manipulasi, Tim Jokowi-JK mengajak kekuatan pro-demokrasi seperti LSM, civil society, para pengamat politik, serta para relawan Jokowi-JK, untuk mengawasi dan melakukan pengecekan ulang atas rekapitulasi di PPS dan PPK,” ujar Hasto.

Hasto menyebut manipulasi dokumen C1 merupakan kejahatan demokrasi. Sebab, itu berarti mencurangi suara rakyat.

“Karena itulah terhadap temuan terjadinya berbagai bentuk manipulasi penghitungan suara baik dengan mengubah dokumen C1, maupun dengan menggelembungkan suara saat rekap dilakukan, dapat dikategorikan sebagai kejahatan demokrasi. Di balik angka rekapitulasi tercermin suara rakyat yang berdaulat dan harus dilindungi,” ujarnya.

Hasto menegaskan ketika dokumen C1 dan hasil rekap di tingkat desa dan kecamatan sudah bebas dari manipulasi, maka disitulah suara rakyat terlindungi. Wasekjen PDIP ini juga mengatakan bahwa semua pihak wajib menjaga situasi kondusif.

“Hukum harus ditegakkan untuk menindak siapapun yang berbuat kecurangan,” tandasnya. (Ahmad Toriq – detikNews)
http://news.detik.com/pemilu2014/read/2014/07/14/155209/2636606/1562/banyak-c1-janggal-tim-jokowi-jk-itu-kejahatan-demokrasi

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.